Gerakan Revolusi Damai

Paska pilpres 2019, setengah rakyat Indonesia at least (sedikitnya)  kecewa karena pilpres dianggap penuh kecurangan. Massa rakyat sudah mulai melakukan agenda agenda aksi ke Bawaslu dan KPU menuntut dinyatakannya pemilu curang.

Aksi ini akan menggelombang karena kemarahan rakyat bersifat merata dan pengaruh sosial media begitu besar mendistribusikan situasi pemilu.

Pemanggilan aktor-aktor yang dikaitkan dengan penggerak oposisi dalam isu ini kemungkinan besar “misleading” karena aktor-aktor tersebut tidak lagi pusat artikulasi kekecewaan. Dalam teori revolusi damai spontanitas dan partisipasi masyarakat lebih dominan terjadi.

Aksi oposisi menuntut dinyatakannya pemilu curang memang dari pihak yang berkepentingan lainnya,  seperti #01,  sudah benar dengan mengimbangi aksi dengan aksi yang sama namun pesannya berlawanan. Seperti ketika aksi alumni UI beberapa hari lalu di Bawaslu yang diimbangi oleh aksi pernyataan terimakasih Bawaslu/KPU.

Aksi vs reaksi apabila dikelola secara baik oleh aparatur negara,  khususnya polisi,  mungkin lebih sesuai dengan demokrasi dan hak hak asasi manusia. Ketimbang polisi,  seandainya benar, berupaya memikirkan membungkam aktor.

Pengelolaan emosi massa yang merasa tersakiti dalam sebuah sistem sosial, baik dalam kasus contoh-contoh di Amerika, dalam demokrasi membutuhkan kerelaan bersabar untuk tidak merasa paling benar.

Dengan kesabaran itu maka demokrasi dan pemerintahan sipil akan bertahan lama. Jika kita abai, maka jangan salahkan rakyat menuntut kembali tentara untuk berkuasa. []

Penulis: Dr. Syahganda Nainggolan, Direktur Eksekutif Sabang Merauke Circle [rmol]


AKAN TERBIT… HOLLYWOOD UNDERCOVER, Eramuslim Edisi 3 Revisi. Mengurai gurita rahasia Zionisme dibalik tirai produksi Film2 Hollywood. Akan terbit insyaAllah ditanggal 25 Mei 2019. Harga PreOrder Rp 85.000/eks (belum tmsk ongkir) Pemesanan ke WA/SMS di 085811922988 dengan menyebutkan Nama pemesan, dan alamat kirimnya, agar kami bisa tawarkan. Pesan sgera agar kami catatkan pemesanannya… Wassalamu alaikum wr wb