free hit counters
 

Habis Groundbreaking Terbitlah Mangkrak

Redaksi – Sabtu, 7 Jumadil Akhir 1439 H / 24 Februari 2018 18:00 WIB

Eramuslim.com -MANGKRAK atau terbengkelai adalah kosa kata yang sering kita jumpai dalam kehidupan keseharian kita, terutama digunakan untuk menilai sebuah projek yang terbengkalai tak bisa diteruskan pengerjaannya karena berbagai sebab.

Untuk proyek-proyek pemerintah yang berjangka panjang, seperti pembangunan infrastruktur, banyak faktor yang menyebabkan sebuah proyek mangkrak, diantaranya karena kekurangan modal. Sebab yang lainnya adalah terjadinya perubahan kepemimpinan dan kebijakan di dalam tubuh pemerintahan, baik di pusat maupun di daerah.

Adalah kenyataan bahwa masing-masing presiden atau kepala daerah yang terpilih melalui pemilu langsung (Pilpres dan Pilkada) memiliki program, kebijakan dan janjinya sendiri.

Sebagai contoh di era Presiden SBY, pemerintahannya mempunyai program ambisius percepatan pembangunan infrastruktur dalam segala bidang yang dibingkai dalam judul MP3I (Masterplan Percepatan dan Perluasan Ekonomi Indonesia) 2011-2025. Salah satu khayalan dari program MP3I diantaranya adalah mentargetkan pendapatan per kapita Indonesia akan mencapai US$ 14.250 s/d US$ 15.500 pada tahun 2025 kelak.

Namun sekarang, di era Presiden Jokowi, program jangka menengah, MP3I, yang dilancarkan oleh Hatta Radjasa, Menko Perekonomian era Presiden SBY, nyaris ditelan bumi, tak terdengar gema dan batang hidungnya lagi. Malahan dalam penutupan tahun 2015 di Papua, Presiden Joko ternyata mempunyai mimpi yang lebih panjang lagi, target 2085. Target mimpi yang berbeda dengan SBY. Mimpi Indonesia 2016-2085 yang ditulis Presiden Joko Widodo di Monumen Kapsul Waktu di Papua.

Jangan-jangan Presiden Joko sedang masuk ke dalam lorong waktu menembus masa depan hingga tahun 2085. Sadarkah Presiden Joko jika menuju tahun 2085 itu pasti telah terjadi silih berganti puluhan Presiden memimpin Indonesia. Tidak menutup kemungkinan seluruh program infrastruktur dan mimpinya Presiden Joko akan dibikin mangkrak oleh Presiden pengganti berikutnya, sebagaimana Presiden Joko juga membuat mangkrak program infrastruktur MP3I dan mimpi 2025- nya Presiden SBY.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3 4

Analisa Terbaru

blog comments powered by Disqus