free hit counters
 

Hersubeno Arief: Ada Apa dengan Habibie dan Putra-Putri Pak Harto?

Redaksi – Rabu, 17 Muharram 1441 H / 18 September 2019 12:00 WIB

Eramuslim.com – Ketika BJ Habibie wafat sampai kemudian dimakamkan, publik banyak yang bertanya-tanya. Kemana keluarga Pak Harto?

Kok tidak ada satupun yang tampak hadir takziah, menyampaikan duka cita. Begitu juga ketika pemakaman berlangsung.

Tiga orang presiden RI, Jokowi, Megawati dan Susilo Bambang Yudhoyono tampak hadir. Mereka mengantarkan Habibie ke tempat peristirahatannya yang terakhir.

Tapi rasanya tetap tidak afdhal, tanpa kehadiran keluarga Pak Harto.

Bagaimanapun bila kita bicara soal Habibie, sampai kemudian tampil ke tampuk kepemimpinan nasional, tak bisa dilepaskan begitu saja dengan peran Pak Harto.

Di akun media sosial milik keluarga Cendana, juga sama sekali tak ada ucapan duka cita. Di Instagram ada yang mengucapkan duka cita mengatasnamakan Titiek Soeharto. Namun akun medsos tersebut, bukan akun resmi Mbak Titiek.

Mereka hanya diam seribu basa. Termasuk kepada orang-orang dekatnya. Seorang teman yang dikenal dekat dengan keluarga Cendana, mengaku sempat mengirim pesan.



”Apakah berencana untuk takziah, atau mengantar ke pemakaman?”

Namun pesan itu tak berbalas.

Hubungan antara Habibie dan mentor politiknya itu, tak pelak merupakan spekulasi paling menarik dalam sejarah politik kontemporer Indonesia.

Banyak buku diterbitkan. Banyak wartawan yang mencoba mengoreknya. Termasuk wawancara khusus dengan Habibie. Namun semuanya masih menyisakan pertanyaan besar yang menggantung.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3

Analisa Terbaru

blog comments powered by Disqus