Hersubeno Arief: Bagi Jokowi, Lebih Wingit New York atau Kediri?

Eramuslim.com – SAMPAI sejauh ini, setidaknya ada dua kota yang sangat dihindari Presiden Jokowi. Kota New York di AS, dan kota Kediri di Jawa Timur.

Di antara kedua kota itu, mana yang paling wingit? Paling angker?

Bagi Presiden Jokowi tampaknya jawabannya sangat jelas. New York kota yang menjadi markas Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) jelas jauh lebih wingit.

New York berada di peringkat pertama. Baru di peringkat berikutnya Kediri. Kota lain? Belum ada konfirmasi.

Selama lima tahun periode pertama jabatannya, Jokowi terkesan sangat menghindari New York, khususnya kegiatan Sidang Majelis Umum (SMU) PBB.

Sudah lima tahun berturut-turut Jokowi absen SMU PBB. Kegiatan penting dan sangat prestisius itu cukup diwakilkan kepada (mantan) Wapres Jusuf Kalla.

Sebuah rekor yang belum pernah dicapai oleh seluruh Presiden Indonesia. Bung Karno, Pak Harto, Habibie, Gus Dur, Megawati, maupun Susilo Bambang Yuhoyono tidak bisa menandinginya.

Kalau dalam sepak bola, “prestasi” semacam itu disebut sebagai quintrick, memborong lima gol sekaligus.

Luar biasa! Prestasi semacam ini hanya pernah ditorehkan bintang sepak bola paling top di dunia sekelas Ronaldo dan Lionel Messi. Alan Shearer dan Robert Lewandowski juga pernah melakukannya.

Sebaliknya untuk Kota Kediri, Jokowi baru sekali absen. Jokowi tidak hadir pada sebuah acara di Pesantren Lirboyo Kediri. Semula berdasarkan penjelasan dari Sekretaris Kabinet Pramono Anung, agar Jokowi terhindar dari bencana lengser seperti yang pernah menimpa almarhum Presiden Abdurahman Wahid (Gus Dur).