Hersubeno Arief: Gerakan Separatisme Papua, Bisul Mulai Pecah

Eramuslim.com – MANTAN Menteri ESDM Sudirman Said punya analogi menarik tentang kerusuhan di Papua. Kerusuhan yang berbuntut kian menguatnya gerakan separatisme. Memisahkan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ibarat penyakit bisul, karena tidak dirawat dengan baik. Diabaikan, dianggap penyakit ringan. Penyakit berupa benjolan di kulit itu kini  pecah. Bila terlambat penanganannya, bisa menular ke kulit di sekitarnya.

Benih disintegrasi itu  menyebar kemana-mana. Mengancam keutuhan NKRI. Di Aceh para aktivis Gerakan Aceh Merdeka (GAM)  kembali mengibarkan bendera Bulan Sabit Merah. Di Medsos muncul seruan Melayu Merdeka!

Tanda-tanda bahwa “bisul” itu akan pecah sebenarnya sudah terlihat dengan nyata.

Akhir Juli lalu sistem IT Bank Mandiri error seharian penuh. Saldo ribuan nasabah berkurang. Ada yang pingsan karena saldo ratusan juta miliknya, tiba-tiba berubah menjadi nol. Sebaliknya banyak juga nasabah yang jumlah uang rekeningnya tiba-tiba menjadi bengkak.

Manajemen Mandiri mencoba menenangkan nasabah. Menjamin semua sistem akan kembali normal. Mereka menyebut error “hanya’ terjadi pada 10 persen nasabah.