Hersubeno Arief: Pilpres 2019, Hoax-hoax Resmi Berbayar di Media Massa

Dalam berita itu dikutip seakan Jokowi sudah mendapat ucapan selamat atas kemenangannya. Wartawan detik.com bahkan melaporkan mereka menyaksikan dan mendengar sendiri ketika Jokowi menerima telefon dari PM Singapura Lee Hsien Loong.

“Dari obrolan tersebut, terdengar pembahasan hasil hitung cepat lembaga survei. ”Yes, ninety nine percent yes PM Lee,” kata Jokowi soal akurasi hitung cepat lembaga survei,” tulis detik.com.

Untungnya detik.com masih mencoba “jujur,” dengan menautkan video ketika Jokowi menerima telefon dari Lee. Pembaca langsung bisa membandingkan antara isi berita dengan fakta sesungguhnya.

Sepanjang percakapan Jokowi hanya menyampaikan kata-kata yang pendek. Thank you PM Lee. Thank you PM Lee. Disambung dengan kata-kata “ ya..ya.”

Satu-satunya kalimat yang cukup panjang diucapkan Jokowi —setelah tampak berpikir sejenak— “I will decide tomorrow”. Tidak ada ucapan selamat kepada Jokowi. Yang ada ucapan selamat kepada bangsa Indonesia karena berhasil melaksanakan pemilu damai.

Berita semacam itu di kalangan media disebut sebagai native ads. Konten berbayar yang dikemas seolah berita. Ada pesan khusus yang ingin disampaikan si pemasang berita.

Prabowo tak perlu lagi melakukan perlawanan. Dunia internasional sudah mengakui kemenangan Jokowi. Info lain yang penting gak penting, ternyata Presiden Jokowi jago juga berbahasa Inggris.

Berita itu seolah hasil laporan wartawan media yang bersangkutan. Padahal kontennya, bahkan biasanya berita utuhnya sudah dibuat oleh si pemasang native ads. Tinggal muat saja dengan tarif tertentu.