Isu Ekspor Ganja: Di Antara Nasib dan Takdir Geopolitik

Sedangkan tempat untuk memutar ulang kapital (investasi), atau Indonesia merupakan pasar potensial karena demografi —penduduk terbesar keempat— itu yang disebut “nasib geopolitik.” Kenapa? Karena langkah lanjutan masih tergantung goodwill dan policy dari rezim, yakni sistem dan serangkaian aturan yang mengawaki.

Misal saja, bila kelak terbit kebijakan bahwa Indonesia “menutup diri” sebagaimana Cina tempo doeloe, maka aspek pasar potensial dan tempat untuk putar kapital pun tak ada. Lenyap. Nah, di sini terlihat perbedaan antara nasib dan takdir. Nasib bisa hilang karena faktor kebijakan rezim, sementara takdir geopolitik akan tetap melekat, terus ada dan nyata, apapun kebijakan rezim. Kendati manfaat serta keberadaan takdir itu sendiri, sebenarnya juga tergantung policy. Seperti yang kini terjadi, takdir geopolitik hanya menjadi peta dan data mati karena hampir tak berdaya bagi negara. Akan tetapi, ia bisa berubah menjadi “senjata” bahkan menghasilkan devisa ketika diberdayakan sedemikian-rupa demi kepentingan nasional.

Dari daftar baris takdir geopolitik di atas, hampir semua belum diberdayakan secara optimal oleh bangsa ini.

Seandainya, ini permisalan, setiap kapal-kapal yang melintas di selat Indonesia dipungut fee sekian rupiah, niscaya selain ia menjadi salah satu sumber devisa negara, juga rupiah tak akan melemah karena dicari para stakeholders yang melintas di selat-selat kita; atau seandainya — misal lagi, pemerintah membangun industri garam, mungkin kita bisa jadi produsen garam terbesar di Asia Pasifik. Kenapa? Bahan bakunya berserak di sepanjang pantai.

Kembali soal ganja. Ya bahwa struktur dan tekstur tanah di Aceh memang subur untuk tanaman jenis ganja adalah ujud karuniaNya. Takdir yang jatuh dari langit seperti halnya geoposisi silang, negeri kepulauan, garis pantai yang panjang, negeri agraris, punya empat selat strategis dan seterusnya. Dan hampir semua takdir geopolitik tadi masih menjadi data mati karena tanpa pemberdayaan sama sekali oleh rezim.