Kekacauan Data Jokowi Atau Memang Suka Bohong?

Kesembilan, Presiden menyatakan bahwa di negara maju butuh 10-20 tahun untuk memindahkan masyarakat dari mobil ke LRT/MRT, bisa disebutkan itu di negara mana? Jika butuh 10-20 tahun dan pembiayaan dengan hutang bagaimana status pembayarannya? kapan BEP? dan bagaimana kondisi LRT/MRT setelah 10-20 tahun? apakah benar itu hasil feasibility study, DEDC, DEEC?

Kesepuluh, Presiden menyatakan bahwa impor dilakukan untuk cadangan pangan, padahal overstock, bagaimana business processnya? Lalu dikemanakan hasil impor sebanyak itu? Operasi pasar? atau bagaimana? Lalu bagaimana dengan impor daging yang menggila? bahkan dilakukan dari India yang belum bebas Penyakit mulut dan kuku yang justru berbahaya bagi masyarakat yang mengkonsumsi? Lalu kenapa impor garam dan ikan juga?

Kesebelas, Presiden menyatakan sejak 2015 tidak pernah terjadi kebakaran hutan, padahal data menunjukkan bahwa pada tahun 2016-2018 telah terjadi kebakaran lebih dari 30.000 hektar lahan hutan.  Apakah Menteri Kehutanan tidak menginformasikan ini? Jokowi ini Insinyur Kehutanan, mestinya soal elementer begini dia kuasai.

Keduabelas, Jam 12.00 malam presiden blusukan bersama supir seorang diri ke pelabuhan, itu bertemu siapa? Karena tengah malam itu seluruh nelayan dipastikan sedang melaut? atau bertemu nelayan jadi-jadian?