Kemana Jack Ma Menghilang?

Eramuslim.com – Telah beberapa bulan ini Jack Ma (JM) tidak muncul di publik, ia seperti lenyap ditelan bumi. Entah kemana. Rumor beredar, bahwa JM melakukan big blunder —kesalahan besar— terhadap negaranya, lalu Xi Jinping, selaku Presiden Cina pun melakukan “tindakan” tegas. Entah tindakan semacam apa. Tahanan rumah, tahanan kota, atau apa?

Di era transparansi 4.0 ini, publik menunggu klarifikasi dari pihak berkompeten dan berwenang soal JM agar tak simpang siur. Artinya, jika ada suatu analisis terkait JM, mungkin cuma hipotesis berbasis persepsi dan kapasitas para analis itu sendiri. Nah, telaah ini juga bagian dari hal di atas (hipotesis), namun berbasis geopolitik.

Pertanyaan selidik muncul, “Dimana letak kesalahan JM dan apa konsekuensi yang diterimanya; bagaimana dengan jasa-jasanya selama ini yang turut mengukir hegemoni Cina di panggung global?”.

Hingga tulisan ini selesai, barangkali belum bisa menjawab secara detail dan pasti karena minimnya data. Mungkin sekedar clue ataupun benang merah. Yang jelas, blunder JM pasti sangat vital lagi genting di mata Partai Komunis Cina (PKC), sehingga sosok sekelas JM harus “dihilangkan” dari publik sedang selama ini banyak pihak yang mengagumi kiprahnya di dunia ekonomi dan bisnis.