free hit counters
 

Kembalikan Pendidikan Genuine Kita

Redaksi – Senin, 20 Ramadhan 1442 H / 3 Mei 2021 11:00 WIB

Eramuslim.com – MUNCULNYA wabah virus corona baru (Covid 19) dengan dampak yang multidimensional dan sistemik ini, harus menjadi  momentum untuk merenung secara mendalam dan melakukan refleksi terkait dengan pendidikan kita. Apalagi di saat kita menjalankan ibadah puasa.

Ada beberapa hal penting terkait dengan pendidikan yang genuin  bangsa Indonesia yang luput dari perhatian PJPI 2020-2035.

Seluruh pihak perlunya mempertegas bahwa pendidikan yang seharusnya dikembangkan oleh bangsa Indonesia ialah yang berdasarkan kepada falsafah bangsa yaitu Pancasila. Ini mrnyangkut penguatan watak, karakter, kepribadian manusia Indonesia yang sesungguhnya.



Pendidikan haruslah juga berakar kuat kepada nilai nilai yang selama ini kita miliki yaitu agama dan  budaya bangsa yang luhur.

Filsafat liberalisme, sekularisme dan pragmatisme yang sudah mulai terasa berpengaruh di sektor pendidikan, tidaklah cocok dengan kebutuhan kita dalam menyiapkan dan membangun Indonesia ke depan.

Pendidikan berbasis pasar (market based education) tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan bangsa Indinesia. Karena itu renaissance pendidikan Indonesia yang baru sangat dibutuhkan sambil mengkoreksi PJPI 2020-2035 supaya perjalanan bangsa ke depan tidak salah arah.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Opini Terbaru