Kian Melemahnya Kekaisaran Amerika

Tapi sekarang militerisme AS dan kepentingan ekonomi Amerika telah menyimpang. Terlepas dari beberapa kontraktor militer, bisnis Amerika tidak mengikuti bendera ke reruntuhan Irak atau zona perang Amerika lainnya saat ini dengan cara yang bertahan lama. 18 tahun setelah invasi AS, mitra dagang terbesar Irak adalah China, Afghanistan adalah Pakistan, Somalia adalah UEA (Uni Emirat Arab), dan Libya adalah Uni Eropa (UE).

Alih-alih membuka pintu untuk bisnis besar Amerika atau mendukung posisi diplomatik Amerika di dunia, mesin perang AS telah menjelma menjadi banteng di toko China global, menggunakan kekuatan destruktif murni untuk mengguncang negara dan menghancurkan ekonomi mereka, menutup pintu peluang ekonomi alih-alih membukanya, mengalihkan sumber daya dari kebutuhan nyata di dalam negeri, dan merusak kedudukan internasional Amerika alih-alih meningkatkannya.

Ketika Presiden Eisenhower memperingatkan tentang “pengaruh yang tidak beralasan” dari kompleks industri-militer Amerika, ia memprediksi dengan tepat dikotomi berbahaya semacam ini antara kebutuhan ekonomi dan sosial riil rakyat Amerika dan mesin perang yang harganya lebih mahal daripada sepuluh negara militer dunia jika disatukan tetapi tidak dapat memenangkan perang atau mengalahkan virus, apalagi menaklukkan kerajaan yang hilang.

China dan UE telah menjadi mitra dagang utama sebagian besar negara di dunia. Amerika Serikat masih merupakan kekuatan ekonomi regional, tetapi bahkan di Amerika Selatan, sebagian besar negara sekarang lebih banyak berdagang dengan China. Militerisme Amerika telah mempercepat tren ini dengan menyia-nyiakan sumber daya kita untuk senjata dan perang, sementara China dan UE telah berinvestasi dalam pembangunan ekonomi yang damai dan infrastruktur abad ke-21.

Misalnya, China telah membangun jaringan rel berkecepatan tinggi terbesar di dunia hanya dalam 10 tahun (2008-2018), dan Eropa telah membangun dan memperluas jaringan berkecepatan tinggi sejak 1990-an, tetapi rel berkecepatan tinggi masih saja di papan gambar di Amerika.