Kian Melemahnya Kekaisaran Amerika

China telah mengangkat 800 juta orang keluar dari kemiskinan, sementara tingkat kemiskinan Amerika hampir tidak bergerak dalam 50 tahun dan kemiskinan anak telah meningkat. Amerika masih memiliki jaring pengaman sosial terlemah di antara negara maju mana pun dan tidak ada sistem perawatan kesehatan universal, dan ketidaksetaraan kekayaan dan kekuasaan yang disebabkan oleh neoliberalisme ekstrem telah membuat separuh orang Amerika dengan sedikit atau tanpa tabungan untuk hidup di masa pensiun atau untuk menghadapi gangguan apa pun. kehidupan mereka.

Desakan para pemimpin kita untuk menyedot 66% dari pengeluaran diskresioner federal AS untuk melestarikan dan memperluas mesin perang yang telah lama melampaui peran yang berguna di kerajaan ekonomi Amerika yang menurun adalah pemborosan sumber daya yang melemahkan yang membahayakan masa depan kita.

Beberapa dekade yang lalu Martin Luther King Jr. memperingatkan kita bahwa “sebuah negara yang, dari tahun ke tahun terus membelanjakan lebih banyak uang untuk pertahanan militer daripada program peningkatan sosial sedang mendekati kematian rohani.” (GRI)

Sudarto Murtaufiq, peneliti senior Global Future Institute (GFI)