Kudeta Militer di Mesir : Gaza Melemah, Israel Merasa Menang

haniya mursiSewaktu Mohamed Mursi, seorang Islamis, terpilih sebagai presiden Mesir tahun lalu, ia menolak hubungan apapun dengan Israel, akibatkan  kecemasan tentang hubungan masa depan Israel-Mesir, yang telah terikat perdamaian dengan rezim Mesir sebelumnya dalam  beberapa dekade.

Tetapi dengan adanya kudeta Mursi dan tindakan keras terhadap Ikhwanul Muslimin di Mesir pekan ini, Israel melihat prospek yang baik  ke apa yang mereka pandang sebagai status quo yang lebih dapat diandalkan, serta dampak kudeta tersebut akan melemahkan Hamas, kelompok pejuang Islam yang menguasai Gaza.

“Yang penting bagi Israel adalah Mesir stabil,” kata Shaul Shay, mantan wakil kepala Dewan Keamanan Nasional Israel. “Saya tidak melihat Ikhwanul Muslimin mampu bangkit setelah menerima pukulan ini dan mereka akan memerlukan 80 tahun lagi untuk mencoba untuk kembali berkuasa. Tetapi cerita belum berakhir, meskipun kembang api kemenangan sudah bersinar di Kairo. ”

Ketika Mursi menjabat sebagai kepala negara, Israel berkomunikasi dengan Kairo  hanya melalui jalur militer Mesir dan pihak keamanan, yang sekarang mereka  telah mengendalikan proses politik di Mesir. Yang lebih meyakinkan Israel saat ini  adalah peran strategis Jenderal Abdul Fattah-el-Sisi, komandan Militer yang memimpin penggulingan Mursi.

Jenderal Al Sisi dikenal dalam peran masa lalunya di militer dan intelijen di Sinai utara, praktis sering berkoordinasi dengan pertahanan militer Israel. Seorang ahli militer Israel mengatakan,  bahkan setelah Mursi menunjuk Jenderal Al-Sisi sebagai menteri pertahanan, Jenderal Sisi terus berkomunikasi dan berkoordinasi langsung dengan pihak Israel.

Para pejabat Israel mencoba tidak berkomentar sejak penggulingan Mursi itu, mereka menolak untuk berkomentar secara terbuka dan mereka hanya katakan hal itu adalah urusan internal Mesir.

“Kami mengamati sangat serius,” kata seorang pejabat Israel, yang tidak ingin namanya disebut karena ia tidak berwenang untuk membahas masalah ini secara terbuka. “Ini adalah masalah penting bagi kita. Kami sangat berharap Mesir berhasil kembali kepada berfungsinya demokrasi , perlahan tapi pasti…. ”

Namun, untuk beberapa warga Israel, jatuhnya Ikhwanul Muslimin di Mesir adalah alasan yang cukup bagi mereka untuk berpesta.

“Berita bagusnya adalah Ikhwanul Muslimin telah jatuh,” kata Zvi Mazel, mantan duta besar Israel di Mesir. “Jika mereka dapat berkuasa selama dua atau tiga tahun lagi , tentunya mereka pasti akan menguasai militer dan segala sesuatu yang lain, dan Mesir akan menjadi berbahaya….”

Walaupun pada proses awal pemerintahan , Mursi tidak begitu radikal mengubah kebijakan Mesir terhadap Israel, ia menegakkan komitmen Mesir untuk perjanjian damai yang telah dibuat kedua Negara oleh pemerintah sebelumnya .

Di bawah kekuasaannya, militer Mesir yang bertugas di Semenanjung Sinai dapat berkomunikasi terhadap militan Islam yang telah menyerang pasukan Mesir dalam beberapa tahun terakhir dengan menggunakan daerah gurun liar untuk melancarkan serangan lintas perbatasan terhadap Israel. Bahkan Ahli militer Israel mengatakan koordinasi keamanan Israel-Mesir atas Sinai pada tahun lalu telah lebih baik  dan lebih intens daripada era pendahulunya, Hosni Mubarak.

Bahkan pada bulan November, Mursi memainkan peran penting dalam menengahi gencatan senjata antara Israel dan Gaza, mengakhiri serangan Israel dalam delapan hari pertempuran sengit. Sejak itu Hamas menghentikan serangan roket dari Gaza terhadap Israel selatan.

Kudeta Mesir ini adalah tanda akhir untuk Hamas, yang akan menghadapi peningkatan isolasi atas wilayahnya , kata para ahli Militer. Ketika Ikhwan masih berkuasa di Mesir, Hamas memiliki sekutu yang kuat.

Setelah kemenangan pemilu  Mursi itu, Hamas merasa berjaya. Bahkan Mursi mengirim Perdana Menteri ke Gaza pada bulan November untuk menunjukkan solidaritas di tengah serangan Israel. Pada bulan Oktober lalu , bahkan emir Qatar menjadi kepala negara pertama untuk mengunjungi Gaza sejak Hamas mengambil alih pada tahun 2007. Dia berjanji bantuan $ 400 juta Dollar untuk proyek perumahan dan infrastruktur di Gaza. Tetapi paska Mursi di kudeta, Qatar menangguhkan proyek tersebut di Gaza, sebagian karena situasi yang tidak stabil di Mesir. Pejabat Qatar tampaknya tak berniat lagi  ke Gaza untuk mendukung tahap kedua dari pekerjaan tersebut.

Hamas juga sudah memutuskan untuk menolak  bantuan  pendanaan dari Iran dalam beberapa bulan terakhir ini,  karena kelompok Hamas tidak berdiri sepihak dengan Bashar al-Assad , rezim Suriah yang didukung Iran  dalam perlawanannya dengan pasukan pembebas Suriah.(NY/Dz)