Mahasiswa Geruduk DPR, Ah yang Bener?

Eramuslim.com – Beda mahasiswa sekarang (abad 21) dengan mahasiswa dulu (abad 20). Setidaknya ada dua faktor. Pertama, mahasiswa sekarang umumnya lebih berorientasi pada kerja. Cepat lulus, IP bagus, dapat pekerjaan, punya duit, lalu cari mertua. Gak sabar untuk segera hidup mapan.

Para aktifis mahasiswa di abad 20, mental berbangsanya lebih kuat dibanding aktifis mahasiswa abad 21. Dulu saat ke Jakarta, para mahasiswa naik bus, kereta atau kapal. Bahkan ada yang numpang truk. Makannya nasi bungkus. Siap drop out. Mahasiswa sekarang? Naik pesawat bro! Rapatnya suka di resto dan Cafe. Mungkin para aktifis sekarang berasal dari orang tua yang kaya. Atau sudah pinter cari donatur.

Joko Edi Abdurrahman, mantan anggota dewan yang sekarang aktif sebagai pengacara ini pernah melempar isu bahwa ada dana 200 juta yang mengucur setiap bulannya ke Ormas Mahasiswa. 20 juta untuk pimpinannya. Isu sempat ramai, bahkan Joko Edi akan dilaporkan ke polisi. Ditunggu, kok laporannya gak jadi-jadi, kata Joko Edi.

Benar atau tidak itu isu, proses hukum gak berjalan. Karena laporan gak kunjung dibuat. Sehingga masyarakat gak tahu persisnya. Tapi, stigma terlanjur menyebar.