Margarito Kamis: Orang-Orang Berani di MK

Eramuslim.com- Hakim-hakim konstitusi yang menyidangkan perkara permohonan perkara perselisihan hasil pemilu presiden 2019, terlihat tampil berani, jujur, adil dan menyegarkan. Tidak hanya mereka para saksi pemohon juga sama, berani,  malah terlihat santai. Tetapi tetap saja kredit harus diberikan kepada hakim. Mereka hebat. Bersidang sampai subuh, pagi hari.

Keberanian mereka terlihat pada pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan kepada saksi, dan koreksi-koreksi atas sikap para pihak yang berselisih. Manis sekali. Itulah gambaran yang paling beralasan atas penampilan para hakim yang mengesankan sepanjang sidang yang melelahkan itu.

Mengawalinya dengan mengenali ketepatan hukum acara atas alat bukti surat yang disusulkan pemohon, dengan pernyataan bahwa alat bukti surat yang ditambahkan pemohon yang belum terverifikasi keabsahannya, tepat. Hebatnya tanpa memerlukan waktu, Bambang Wijoyanto, ketua Tim Kuasa Hukum Prabowo meresponnya. Tegas dan luas Bambang menyatakan menarik alat bukti yang belum terverifikasi itu.