Masuknya Kapal Perang AS di Laut Hitam Isyaratkan Sinyal Ketegangan AS dengan Rusia

Eramuslim.com – Turki telah mengkonfirmasi laporan CNN sebelumnya bahwa AS akan mengirim kapal perang ke Laut Hitam dalam apa yang dikatakan oleh seorang pejabat Pentagon yang dikutip oleh CNN sebagai wujud dukungan kepada pemerintah Ukraina sebagai tanggapan atas klaim peningkatan kehadiran militer Rusia di perbatasan timur Ukraina. Laut Hitam tidak berada di dekat zona konflik saat ini di Donbass.

Berdasarkan ketentuan kapal angkatan laut Konvensi Montreux 1936 dari negara-negara non-pesisir harus memberi tahu Turki, yang wilayahnya adalah Selat Dardanella dan Selat Bosporus yang menghubungkan Laut Hitam ke Mediterania, tentang rencana kunjungan ke Laut Hitam sembilan hari sebelumnya.

Kapal-kapal, yang akan memasuki laut pada 14 dan 15 April dan tinggal hingga 4 dan 5 Mei, adalah kapal perusak berpeluru kendali kelas Arleigh Burke USS Donald Cook dan USS Roosevelt. Konvensi tersebut mengatur dengan kapal individu tonase dan kelompok kapal yang memasuki laut. Lebih dari dua kapal perusak AS mungkin melampaui batas maksimum yang terakhir.

Merujuk pandangan Rick Rozoff, apa yang dilakukan kapal perang canggih seperti kapal perusak Amerika yang dilengkapi Tomahawk dan Standard Missile-3  tampaknya menjadi pertanyaan yang tidak pernah diajukan oleh siapa pun.