free hit counters
 

Memperkuat Daya Tahan Guncangan

Redaksi – Kamis, 11 Zulhijjah 1442 H / 22 Juli 2021 12:30 WIB

Jika mekanisme transmisi guncangan valuta asing berhasil menimbulkan krisis moneter tahun 1996-1997 dan mencapai puncak pada krisis ekonomi tahun 1998 beserta suksesi kepemimpinan nasional, maka setelah itu metoda transmisi membangun musim panen tiba gagal dikonstruksikan menggunakan guncangan harga BBM sangat rendah dan guncangan ketidakpercayaan atas tragedy subprime mortgage.

Kekebalan tercatat telah semakin terbentuk atas pengalaman pada guncangan-guncangan pada daya tahan sistem perekonomian di Indonesia.

Penggergajian guncangan horor publikasi jumlah penduduk yang meninggal dunia secara harian dan serangan-serangan menuju puncak Covid-19 varian Alpha dan Delta yang memberlanjutkan mekanisme transmisi pembentukan kepanikan masif atas jumlah penduduk kasus aktif Covid-19 harian.

Kasus aktif adalah jumlah orang rawat inap dan rawat jalan isolasi mandiri pasien Covid-19. Guncangan respons gelombang duka cita dalam WhatsApp grup berdampak efektif dalam membangun kesadaran masyarakat luas terhadap pembesaran risiko bahaya kepunahan secara masif atas gejala batuk, demam, dan pilek bernama Covid-19 varian Delta pada pasien komorbid.



Dampak besar guncangan horor Covid-19 terlihat pada naiknya kesenjangan sosial gini rasio di perkotaan yang mencapai angka 0,401 per Maret 2021.

Itu bunyi alarm yang kondusif untuk terjadinya gejolak sosial atas teriakan revolusi-revolusi dari demonstran di Ambon dan Bandung, serta penyerangan pedagang sektor informal kepada Satgas Covid-19, yang Satgas memberlakukan PPKM Darurat.

Respons vocal point mengerucut pada dikotomi tunduk pada pematangan klimaks gejolak sosial politik, atau kah menggalang kesadaran sistem pertahanan rakyat semesta menghadapi histeris kebrutalan guncangan horor serangan gelombang kedua menuju kematangan akhir Covid-19.[]

(Penulis: DR. Ir. Sugiyono, MSi,  peneliti Indef dan pengajar Universitas Mercu Buana)

← Halaman sebelumnya

Halaman 1 2

Analisa Terbaru