Pakar Geopolitik: Isu Wuhan dan Beberapa Skenario yang Mengiringi

Eramuslim.com – Ada beragam narasi atau skenario yang mengiringi isu Wuhan, tempat awal dimana virus korona kali pertama muncul lalu menjalar ke sejumlah negara termasuk Amerika Serikat (AS) dan Perancis. Entah nanti negara mana lagi terpapar coronavirus.

Dan iringan narasi tersebut, ada yang berupa opini, ada yang fakta sesungguhnya, atau sekedar persepsi, meme, ataupun analisa, kajian, bahkan hingga narasi yang bersifat nir-akademis —ini area Tuhan— seperti azab, misalnya, atau hukum karma, qisas, dan lain-lain. Sah-saah saja narasi tadi merebak sesuai maqom, level nalar, serta faktor keimanan subjek.

Adapun narasi atau skenario dimaksud antara lain adalah:

Narasi Pertama, para ahli Rusia menengarai bahwa isu Wuhan merupakan bagian dari Perang Biologi yang tengah dijalankan oleh AS secara senyap guna menghancurkan Cina, rival utamanya. Oleh karena, tahun 1959-1961 dulu, Paman Sam pernah menyerang secara biologi terhadap pertanian Cina dan membuat seluruh daratan Cina gagal panen. Tudingan para ahli Rusia ini dilatarbelakangi adanya pengambilan sampel darah terhadap semua imigran Cina yang masuk AS dengan dalih pemeriksaan kesehatan, namun dibalik itu, secara rahasia dilakukan penelitian DNA orang Cina dengan tujuan menciptakan senjata biologi khusus untuk ras Cina daratan. Maka tidak heran jika beberapa kejadian virus SARS dan sejenisnya bermula dari Cina daratan. Peristiwa itu memang boleh disebut “kebetulan,” tetapi kebetulan yang berulang-ulang patut diduga bahwa kejadian itu telah “diatur”;