Pancasila Kok Dibandingkan dengan Al-Qur’an?

Eramuslim.com – KH. Hasyim Asy’ari menukil dalam kitab karyanya, Risalah Ahlis Sunnah wal Jama’ah satu hadits tentang tanda-tanda sudah dekat datangnya hari Qiamat, “Siang dan malam tidak akan hilang sampai Al-Qur’an lapuk di dalam dada beberapa golongan dari umatku seperti halnya baju yang lapuk, sementara bacaan yang lain lebih menarik bagi mereka, dan urusan mereka menjadi ketamakan semua. Ia tidak diliputi rasa takut ketika ia melalaikan hak Allah SWT. Jiwanya diselimuti harapan-harapan sembari melanggar hal-hal yang dilarang oleh Allah SWT. Ia mengatakan: “Aku berharap Allah SWT berkenan mengampuni dosa-dosaku.” (Kitab: Hilyatul Auliya, Imam Abu Nu’aim Al-Ashbahani).

Jangankan mau mengamalkan isi Alquran, atau minimal mau membaca Alquran, bahkan saat ini sudah ada orang Indonesia yang mempertanyakan, “Mana lebih bagus Pancasila sama Alquran ?” seperti yang dilontarkan oleh Sukmawati Soekarno Putri dalam satu acara diskusi bertajuk ‘Bangkitkan Nasionalisme Bersama Kita Tangkal Radikalisme dan Berantas Terorisme, hari Senin 11 November 2019.

Dengan adanya kejadian seperti ini, sudah sangat jelas menandakan betapa hampanya dada Sukmawati dari Alquran, dan ini menjadi bukti pula bahwa sabda Rasulullah SAW tersebut di atas, benar-benar telah terjadi di akhir jaman.