Pelanggaran HAM Berat, Mata Dunia Sudah Tertuju ke Indonesia

Eramuslim.com –  Perlu kita ingatkan kepada pemerintah Indonesia dan para aparat yang menangani aksi demonstrasi belakangan ini, mohon mulai berhatihatilah dalam bertindak dari detik ini karena mata dunia internasional sudah tertuju ke Indonesia setelah peristiwa mengerikan 22-23Mei kemarin.

Video, bukti, laporan dan foto pelanggaran HAM ringan sampai amat berat yaitu hilangnya belasan nyawa demonstran bahkan warga tak bersalah dan anak dibawah umur sudah mulai jadi pembicaraan hangat aktivis HAM luar negri. Mereka teramat kaget karena menyangka Indonesia adalah negara demokrasi dan pembela HAM terbesar di Asia.

Perlu diingat, Indonesia bukanlah Israel yang mungkin begitu kebal melanggar HAM atas warga Palestin karena dibawah underbow USA dan sebagian Eropa. Indonesia juga bukan negara junta militer seperti Myanmar atau komunis RRC yang cukup kuat dan mandiri.

Embargo ekonomi bahkan embargo hankam serius bisa saja terjadi kalau ada fakta2 pelanggaran HAM yang berat. Indonesia adalah negara yang ekonominya masih dominan bergantung pada pihak luar, eksport Indonesia 5 tahun terakhir sudah cukup babak belur oleh boikot karena pelanggaran aturan ekologi, misal boikot CPO, karet dan produk kayu karena perusakan hutan oleh kebun sawit dan pembalakan yang tak juga sukses distop.