Pergeseren Geopolitik Afghanistan dan Asia Tengah Paksa AS dan Blok Barat “Hilang Dari Peredaran”

Eramuslim.com – Transformasi yang berlangsung di Afghanistan pasca kemenangan Taliban sepertinya akan selaras dengan pergeseran geopolitik yang sedang berlangsung di kawasan Asia Tengah. Afghanistan akan semakin erat membangun pertautan dengan China, Rusia dan Iran. Adapun AS dan blok Barat sepertinya tersinglir dari arena permainan.

Tak kurang dari harian terkemuka AS the New York Times seperti dikutip oleh Alastair Crooke dalam sebuah artikelnya yang bertajuk:

A ‘Strategic Apocalypse’ in Afghanistan:  A Seismic Shift, Years in the Making

Mengatakan bahwa bencana yang terjadi di Afghanistan merupakah suatu hal yang tragis karena itu berarti impian Amerika sebagai bangsa yang diandalkan untuk menegakkan hak-hak masyarakat sipil, pemberdayaan perempuan dan toleransi beragama, terbukti cuma sekadar khayalan.

Michael Rubin, seorang pakar dari American Enterprise Institute yang termasuk berhaluan keras, menyalahkan Presiden Joe Biden, Menteri Luar Negeri Anthony Blinken dan Dewan Keamanan Nasional, karena membuat pernyataan-pernyataan yang menyalahkan sepak-terjang NATO yang melampaui batas selama pendudukan militer di Afghanistan sejak 2001.