Santri Menutup Telinga, dan Janji Pemimpin Tanpa Bukti

Viral Ramai-ramai Menutup Telinga

Hari ini, Rabu (15 September), bermunculan video singkat semacam “perlawanan” atas sikap pelecehan terhadap para santri hafiz al-Qur’an. Setidaknya tiga video sejenis, yang sama-sama berpose menutup telinganya.

Video pertama, seorang anak muda duduk di tepi kolam, sambil kedua tangannya menutup telinganya.

Suara yang muncul pada video itu adalah suara Joko Widodo (Jokowi), tampaknya itu saat debat Capres 2019, dimana ia mengatakan, bahwa di kantongnya ada Rp 11 ribu trilyun… dan seterusnya.

Dan memang itu tidak terbukti, dan jadi olok-olokan sepanjang sejarah. Jejak digital mustahil bisa dihapus. Lelaki remaja tadi menutup telinganya rapat-rapat agar suara pidato yang diperdengarkan itu tak didengarnya.

Muncul pula lelaki remaja berpuluh jumlahnya duduk rapi di pelataran sebuah lapangan, lagi-lagi dengan kedua tangannya menutup kedua telinganya rapat-rapat dengan wajah mereka menunduk.

Seperti video remaja duduk di tepi kolam, mereka menutup kedua telinganya dari suara Jokowi dengan Rp 11 ribu trilyunnya. Itulah simbol perlawanan publik atas janji-janji kosong seorang pemimpin. Dan itu diilhami para santri cilik hafiz al-Qur’an.

Dan yang terakhir siang ini, muncul protes yang sama dari lelaki publik figur, dengan menutup kedua telinganya, itu dari rumahnya di kawasan Sentul, Bojong Koneng.