Sebentar Lagi Jokowi Rontok

Eramuslim.com – SEMANGAT perubahan di kalangan rakyat sudah mulai merata. Keberanian untuk menyatakan bahwa pemerintahan ini lemah, otoriter, bahkan bobrok sudah tumbuh.

Gumpalan perlawanan politik mulai terbentuk. Seruan agar Jokowi mundur akan terus bergaung.

Pemerintahan Jokowi bakal sulit bertahan karena jika rakyat sudah berteriak tak akan ada kekuatan yang mampu meredam. Semua pendukung termasuk elit kekuasaan akan berlompatan menyelamatkan diri. Mencari sekoci sendiri-sendiri.

Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) akan menjadi “trigger” perubahan. Kumpulan tokoh yang bersatu menyerukan kebenaran dan keadilan akan menumbuhkan kepercayaan rakyat untuk membebaskan diri dari belenggu ketidakberdayaan dan keterpinggiran.

Ada harapan baru yang dapat digantungkan. Kebersamaan dan konsolidasi kekuatan yang efektif dan efisien mulai terbentuk.

Momentum perubahan segera datang. Dari aspek spiritualitas itu dinamakan “ajal telah tiba” sebagaimana Qur’an mengingatkan “idzaa jaa-a ajaluhum laa yasta’khiruuna saa’atan wa laa yastaqdimuun” – Jika momen telah tiba, maka tak ada yang mampu mempercepat atau mengundurkan (QS Al Al’raf 34).