Suara Langit Untuk Prabowo

Eramuslim.com – Amien Rais mengatakan doa Kiyai Maemoen Zubair untuk Prabowo yang beliau lantunkan di samping Jokowi, adalah takdir Yang Maha Kuasa. Tentu saja pendapat ini seratus persen benar. Di dalam keyakinan Islam, tidak satu hal pun yang terjadi tanpa pengaturan Allah SWT.

Karenanya, upaya untuk meralat doa yang tertukar itu menjadi tidak relevan. Boleh dibilang ‘absurd’. Doa adalah apa-apa yang tersimpan di hati. Kalau doa yang telah direncanakan dengan baik tetapi terucapkan lain, tidaklah harus disikapi dengan perasaan negatif. Tidak pula harus disusul dengan perilaku yang dinilai oleh banyak orang sebagai tindakan yang ‘melanggar kesopanan’ untuk kiyai senior sekaliber Mbah Moen.

Tindakan yang dianggap tak sopan itu terjadi ketika ketua umum PPP Muhammad Romahurmuziy (Romi) mengikuti Mbah Moen masuk ke kamar pribadinya. Kemudian, Pak Romi meminta Mbah Moen berbicara yang intinya menyatakan dukungan kepada Jokowi. Romi melakukan swarekam dan tersebar di dunia maya. Kalangan santri dikatakan marah terhadap tindak-tanduk Romi yang dianggap tidak hormat kepada Mbah Moen.