Tahun 2050 Islam Jadi Agama Terbesar Dunia, Namun Indonesia Bukan Negeri Mayoritas Terbanyak Muslim Lagi

lede_globalsurveymuslims-IIEramuslim.co – Indonesia selama ini dikenal sebagai negara dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia. Tetapi, sebutan itu tampaknya akan pindah ke India dalam kurun waktu 50 tahun mendatang, walau ke depannya agama Islam diprediksi akan menjadi agama terbesar di dunia.Demikian lembaga pemerhati agama yang berdomisili di Amerika Serikat, Pew Researh Center Religious and Public Life, dalam laporannya tertangggal (6/4).

Laporan tersebut menyebutkan pertumbuhan Muslim di Indonesia kalah cepat dibandingkan dengan di India, yang notabene dikenal sebagai negara Hindu. “Mayoritas penduduk India tetap penganut Hindu, namun jumlah pemeluk Islam di India meningkat drastis melampaui Indonesia,” ungkap Pew dalam laporannya.

Ini terjadi lantaran pengaruh padatnya penduduk di India, baik dari kalangan Hindu maupun Islam. Di negara tersebut, jumlah penganut dua agama itu dari kalangan generasi muda di bawah usia 30 tahun sebanyak 30 persen.

Dalam laporan tersebut, Pew memprediksi baik Islam maupun Hindu akan menjadi agama mayoritas di kawasan Asia Pasifik. Ini disebabkan terjadinya penurunan jumlah penganut Budha dan Konghucu akibat program penekanan angka kelahiran.

Sebagai perbandingan, pada tahun 2010, jumlah Muslim di Indonesia mencapai 209,12 juta jiwa atau sekitar 88 persen dari total populasi di Tanah Air. Sementara pada tahun yang sama, jumlah Muslim India sebanyak 117 juta jiwa, dua juta lebih rendah ketimbang Pakistan.(rz)