free hit counters
 

Apakah Berdoa Saja Bisa Hindari COVID-19? Ini Anjuran Rasulullah 1.300 Tahun Lalu

zahid – Kamis, 30 Rajab 1441 H / 26 Maret 2020 16:30 WIB

Eramuslim – Pandemi COVID-19 menuntut pemerintah dari berbagai belahan dunia untuk memberikan saran dan perintah yang paling efektif bagi populasi dunia untuk menghindari virus corona.

Pakar Imunologi Dr. Anthony Fauci dan reporter medis Dr. Sanjay Gupta mengatakan, kebersihan serta karantina yang baik dan mengisolasi diri dari orang lain adalah upaya yang paling efektif untuk mencegah penularan COVID-19 .

Apakah kalian tahu siapa lagi yang menyarankan kebersihan dan karantina yang baik selama pandemi penyakit?

Dia adalah Rasulullah SAW, lebih dari 1.300 tahun yang lalu beliau menganjurkan umat manusia menjauhi pandemi dan mengkarantina diri mereka sendiri.



Walaupun Rasulullah SAW sama sekali bukan ahli dalam hal penyakit mematikan, namun beliau tetap memiliki nasihat yang baik dan efektif untuk mencegah dan memerangi perkembangan wabah seperti COVID-19.

Rasulullah SAW bersabda, “Jika kamu mendengar penyakit itu berjangkit di suatu negeri, janganlah kamu masuk ke negeri itu. Apabila wabah itu berjangkit di negeri tempat kamu berada, jangan pula kamu meninggalkannya.” (HR Bukhari dan Muslim dari Usamah bin Zaid).

Rasulullah SAW juga bersabda, “Janganlah yang sakit dicampurbaurkan dengan yang sehat.” (HR Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah).

Nabi Muhammad juga terus menginggatkan manusia untuk selalu menjaga kebersihan diri agar membuat manusia aman dari infeksi dan wabah.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Berita Terbaru