free hit counters
 

Arab Saudi Izinkan Perempuan Jadi Tentara

zahid – Sabtu, 11 Safar 1441 H / 12 Oktober 2019 15:30 WIB

Eramuslim – Pemerintah Arab Saudi akhirnya mengizinkan perempuan menjadi tentara. Ini merupakan bagian dari program reformasi sosial dan ekonomi.

Seperti dilansir dari situs Al Jazeera, Arab Saudi mengumumkan pada Rabu kemarin, perempuan bisa bergabung dalam angkatan bersenjata. Langkah terbaru ini merupakan serangkaian dari tindakan yang bertujuan untuk meningkatkan hak-hak perempuan di kerajaan.

Bahkan ketika kelompok-kelompok hak asasi manusia menuduh Riyadh bersikap keras terhadap para aktivis perempuan.

“Ini merupakan langkah baru untuk pemberdayaan perempuan,” tulis Kementerian Luar Negeri Arab Saudi di Twitter.

Kementerian Luar Negeri juga menambahkan, perempuan bisa menjadi kopral atau sersan.



 

Sementara itu, Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS) telah menyetujui sejumlah reformasi yang bertujuan untuk memperluas hak-hak perempuan. Termasuk memungkinkan mereka untuk mengemudi dan bepergian ke luar negeri tanpa persetujuan dari wali laki-laki.

Saat ini Arab Saudi sedang gencar-gencarnya memperluas hak-hak perempuan. Termasuk membebaskan turis perempuan ke negaranya dari kewajiban memakai abaya, pakaian tradisional perempuan muslim Saudi.

Saudi juga berupaya keras meningkatkan citranya dan menarik wisatawan dari berbagai belahan dunia. Ini merupakan bagian dari rencana untuk diversifikasi ekonomi sebab Saudi tak mau tergantung pada minyak ekonominya. (okz)

Berita Terbaru

blog comments powered by Disqus