free hit counters
 

Arab Saudi Kini Izinkan Wanita Berkerja Sebagai Pemandu Wisata

zahid – Kamis, 28 Jumadil Awwal 1439 H / 15 Februari 2018 05:00 WIB

Eramuslim – Maryam Al-Harbi menjadi pemandu wisata wanita Arab Saudi pertama. Maryam ditunjuk sebagai pemandu wisata terbaik tahun 2017 oleh Komisi Pariwisata dan Warisan Budaya Saudi (SCTH). Komisi tersebut memuji pekerjaan Al-Harbi untuk memperbaiki layanan yang tersedia bagi pengunjung Kerajaan Saudi.

Maryam berharap, bisa menginspirasi wanita lainnya di wilayah Kerajaan untuk mengikuti jejaknya. “Pemandu wisata memiliki peran utama dalam memperkenalkan negara kepada pendatang baru,” ujarnya.

“Pemandu wisata adalah duta besar yang menyampaikan budaya dan warisan negara tersebut kepada wisatawan dan mempelajari budaya lain sebagai imbalannya,” kata Al-Harbi, dilansir dari Arab News, Rabu (14/2).

Maryam mengatakan, studinya sebelumnya tentang arkeologi membantunya mengembangkan minat untuk cerita sejarah dan menginspirasinya menjadi pemandu wisata. Ia mengatakan, kualifikasi pada universitasnya berperan dalam meningkatkan permintaan untuk pemandu wisata di kalangan wanita Saudi.

“Profesi (pemandu wisata) umumnya diperuntukkan bagi pria di Arab Saudi, namun beberapa delegasi wanita ingin memiliki pemandu wanita,” lanjutnya.

Selain itu Maryam juga memiliki kualifikasi dalam bidang pariwisata dari beberapa instansi pemerintah. Dia juga menyelesaikan gelar master di bidang barang antik di King Saud University pada fakultas pariwisata dan arkeologi. Tahun depan, universitas tersebut akan menawarkan gelar pariwisata khusus untuk wanita, dengan jurusan perhotelan melalui departemen manajemen.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Berita Terbaru

blog comments powered by Disqus