Assad Setujui Iran Ambil ALih dan Pimpin Langsung Milisi Lokal Syiah Di Suriah

Eramuslim – Selasa 2 Mei 2017, Presiden Syiah Bashar al-Assad sepakat untuk menyerahkan komando kepemimpinan milisi Syiah Suriah di bawah Syiah Iran secara langsung, seperti dilansir dari artikel terbitan situs “zaman.”

Organisasi elemen Suriah baik sipil maupun militer bergabung dengan pihak Syiah Iran dalam resimen pertahanan lokal, seperti yang tercantum dalam dokumen bertuliskan nomor 1455 tangga 4 April 2017 dan ditandatangani oleh Presiden Syiah Bashar al-Assad pada tanggal 11 April 2017 kemarin.

Tidak hanya Syiah Assad, dokumen juga menunjukan persetujuan dari Kepala Staf Pertahanan dan bawahannya tertanggal 5 April 2017.

Perlu dicatat bahwa dalam dokumen yang bersifat rahasia tersebut Syiah Assad setuju memberikan Syiah Iran komando kepemimpinan terhadap berbagai faksi milisi Syiah di Suriah dengan tetap berkoordimasi bersama militer rezim.

Dan sebagai imbalannya, Syiah Iran akan menanggung seluruh asuransi jiwa dan gaji dari setiap milisi Suriah yang kini berada di bawah kepemimpinan Teheran. (Alarabiya/Ram)