free hit counters
 

Awas! Bahan Kimia Berbahaya Ditemukan di Popok Bayi

zahid – Kamis, 16 Jumadil Awwal 1440 H / 24 Januari 2019 16:00 WIB

Eramuslim – Badan kesehatan nasional Perancis, Anses, mengatakan telah menemukan bahan kimia dalam popok bayi yang melebihi tingkat keamanan.

Hasil tes menemukan adanya zat yang berada di atas ambang batas keamanan sehingga berpotensi membahayakan kesehatan.

Dalam tingkat yang lebih rendah, tim peneliti menemukan pula bahan kimia senyawa glifosat (weedkiller glyphosate) untuk penghilang rumput liar yang keberadaannya masih kontroversial.

Anses mengatakan uji coba terhadap popok bayi ini merupakan yang pertama terhadap popok jenis tertentu di dunia.

Badan ini kemudian menyerukan agar dilakukan tindakan cepat guna “mempertimbangkan risiko yang mungkin ditimbulkan bahan kimia tersebut” pada bayi.

Namun demikian, Menteri Kesehatan Perancis Agns Buzyn mengatakan keberadaan popok bayi tidak ada berisiko serius atau langsung terhadap kesehatan bayi .



“Jelas kami harus terus memakai popok pada bayi kami. Kami sudah melakukan itu selama setidaknya 50 tahun,” katanya kepada kantor berita¬†AFP.

Tetapi pernyataan bersama oleh para menteri kesehatan, keuangan dan lingkungan mengatakan pemerintah telah memberi tenggat waktu 15 hari kepada produsen popok agar membuat rencana aksi yang bertujuan menghilangkan zat beracun.

Sementara, Buzyn mengatakan pemerintah menerima permintaan penundaan dari produsen popok hingga enam bulan ke depan agar ada perubahan metode produksinya.

Apa yang mereka temukan?

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3 4

Berita Terbaru

blog comments powered by Disqus