BMKG Saudi Peringatkan Kemungkinan Makkah Dilanda Banjir

Eramuslim – Minggu 19 Agustus 2018, Badan Meteorologi Arab Saudi mengeluarkan peringatan kemungkinan banjir di Mekkah akibat hujan sangat lebat dan sedang, lansir stasiun televisi lokal Al Akhbariya.

Badan Meteorologi Saudi memprakirakan cuaca yang tidak stabil yang menyelimuti Mekkah, Minna dan Arafah berlangsung sampai malam. Hujan turun saat sebanyak dua juta orang berada di tenda di Minna melaksanakan Ibadah Hari Tarwiyah.

Tak ada peringatan yang dikeluarkan berkaitan dengan keselamatan jamaah calon Haji, yang dijadwalkan menuju Padang Arafah saat fajar Senin (20/08) waktu setempat.

Gambar yang ditayangkan stasiun televisi Al Arabiya di media sosial memperlihatkan Kiswah Ka’bah, terbuka akibat kuatnya hembusan angin di Mekkah pada Minggu malam.

Sementara itu tenda jamaah haji untuk wukuf di Arafah diguyur hujan dan diterpa angin saat waktu Shalat Maghrib waktu setempat.

Sebelum hujan turun angin kencang menerpa daerah di sekitar perkemahan jamaah calon haji Indonesia, dikutip dari Antara.

Saat jamaah wudhu untuk shalat Maghrib, pengumuman beberapa kali dikeluarkan agar jamaah tetap berada di tenda seiring terpaan angin yang menerbangkan debu di kawasan Padang Arafah.

Akibat hujan tersebut, listrik di sekitar tenda Arafah juga mati, tapi tidak jelas apakah listrik padam berkaitan dengan mesin diesel pembangkit listrik yang terdampak hujan.