Balas Kehancuran Uni Soviet, Kini Giliran Rusia Pasok Senjata Kepada Pejuang Taliban Afghanistan

Eramuslim – Komandan Umum pasukan internasional dan Amerika Serikat di Afghanistan, John Nicholson, tidak menafikan adanya peran Rusia dalam memberikan dukungan kepada mujahidin Taliban, termasuk persenjataan.

Pernyataan ini dikatakan John Nicholson dalam konferensi persnya pada hari Senin (24/04) kemarin bersama dengan Menteri Pertahanan Amerika Serikat James Mattis di ibukota Afghanistan, Kabul.

Sementara itu Menhan James Mattis menyinggung kekhawatiran Amerika Serikat yang terus meningkat karena adanya peran Rusia di Afghanistan.

“Kami akan terlibat pertempuran dengan Rusia secara diplomatis. Tapi kita harus menghadapi Rusia di manapun atas apa yang mereka lakukan jika bertentangan dengan hukum internasional atau menolak kedaulatan negara lain,” ujar Menhan James Mattis.

Pejabat Pentagon lainnya yang tidak mau disebutkan identitas mengatakan bahwa Rusia telah memberikan senapan mesin dan senjata ringan lainnya kepada Taliban di Kabul, seperti dilansir kantor berita Associated Press.

Pejabat tersebut mengklaim bahwa para pejuang Taliban menggunakan senjata tersebut di wilayah Helmand, Kandahar dan Uruzgan. (Skynewsarabia/Ram)