Ban Ki Moon: Setengah Penduduk Suriah Mengalami Krisis Kemanusiaan

anak2 sureahHingga hari Rabu (15/01) penggalangan dana untuk krisis kemanusiaan Suriah yang diselenggarakan di Kuwait berhasil mengumpulkan dana sebesar $ 4. 2 miliar dolar Amerika, jumlah ini lebih sedikit dari dana yang dibutuhkan Organisasi Internasional untuk mengatasi krisis kemanusiaan yang mencapai $ 6,5 miliar dolar Amerika.

Dalam acara penggalangan dana tersebut Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki -moon mengatakan “sekitar setengah penduduk Suriah atau 9,3 juta orang membutuhkan bantuan kemanusiaan mendesak,” seperti dikutip BBC.

PBB memperkirakan dapat mengumpulkan dana sekitar $ 6.3 juta dolar Amerika selama tahun 2014 untuk mengurangi krisis kemanusiaan Suriah, ini merupakan jumlah dana terbesar organisasi internasional untuk sebuah krisis kemanusiaan.

Dalam beberapa waktu terakhir kamp-kamp pengungsi Suriah mengalami kesulitan menyediakan kebutuhan pengungsi, di beberapa daerah yang dikepung tentara kemanusiaan warga sipil banyak yang meninggal akibat mati kelaparan.

Organisasi internasional menuduh pemerintah Suriah sengaja mencegah kedatangan bantuan ke beberapa daerah yang terkena dampak krisis kemanusiaan.

Menurut Human Rights Watch pemerintah dunia harus segera mencari solusi untuk mencegah tentara pemerintah menghalangi kedatangan bantuan kepada para pengungsi.

HRW mencatat bahwa 28 orang meninggal akibat kelaparan pada 5 Januari kemarin di kamp pengungsi Palestina Yarmouk di Damaskus selatan. (Rassd/Ram)