Bantuan Militer Dibekukan Amerika, Militer Mesir Jalin Kerjasama Dengan Rusia

varjSatu buah perahu perang milik Rusia bernama ‘Varj’ tiba di pelabuhan Mediterania Alexandria pada Senin (11/11) waktu setempat dalam rangkaian kunjungan kerja beberapa hari di Mesir, sebagai rencana kerja sama kedua negara dalam bidang militer.

Rusia berencana membangun sebuah pangkalan angkatan laut di Mesir sebagai pengganti pangkalan militernya di Suriah pasca meletusnya revolusi Suriah tahun 2011 lalu, ini adalah pertama kalinya dalam sejarah Mesir bekerja sama dengan bekas Negara Uni Soviet sejak merdeka dari pendudukan Inggris.

Menteri Pertahanan Sergei Shoigu dan Menlu Rusia Sergey Lavrov juga dijadwalkan akan melakukan kunjungan  pada 13-14 November mendatang, delegasi Rusia nantinya terdiri dari sejumlah pejabat Rusia, termasuk Wakil Kepala Pertama kerjasama militer André Boitsov, dan pejabat perusahaan penjualan senjata Rusia.

Ini adalah pertama kalinya Mesir melakukan hubungan militer dengan Rusia setelah pemerintah Amerika Serikat memutuskan menunda bantuan keuangan dan militernya ke Mesir beberapa waktu lalu.

Berikut link video kapal tersebut: