Rabithah Alam Islami: Hati-Hati Download Al Quran Digital

Eramuslim – Rabithah Alam Islami atau yang dikenal dengan Liga Muslim Dunia memperingatkan umat Islam untuk lebih berhati-hati dalam mengunggah aplikasi mobile Al Quran di smartphone karena dinilai banyak mendapati cacat.

Imbauan ini disampaikan Rabithah Alam Islami setelah menerima banyak email berisi keluhan terkait kesalahan dalam beberapa ayat Al Quran dalam sejumlah aplikasi di IOS maupun Play Store.

Banyak aplikasi Al Quran Mobile diproduksi oleh sumber yang tidak diketahui, sehingga tidak dapat dipastikan bahwa keseluruhan teks Al-Quran disunting oleh Komite dan Ahli yang terverifikasi, tulis Rabithah Alam Islami dalam peringatannya.

Pada akhir 2016, sebuah organisasi Islam internasional juga memperingatkan secara keras tentang aplikasi-aplikasi Al-Quran yang menyimpang, dalam perangkat-perangkat Android, seperti dikutip Anadolu.

Dalam sebuah pernyataan hari Ahad (04/12), Holy Quran Memorization International Organization (HQMI), Organisasi Internasional Penghafal Al Quran, menyatakan pihaknya telah menerima keluhan-keluhan tentang kesalahan-kesalahan yang terdapat dalam aplikasi Al Quran gratis di toko digital seperti Apple Store dan Google Play.

Terdapat kutipan-kutipan huruf yang hilang dalam beberapa kata di aplikasi AL-Quran itu, serta kesalahan-kesalahan dalam ayat-ayat dan tanda baca dalam aplikasi Al-Quran gratis.

“Beberapa halaman [Al-Qur’an] juga dihapus baik sengaja ataupun tidak sengaja,” jelas, Organisasi Internasional Penghafal Al Quran [HQMI] yang berafiliasi dengan [World Moslem League] Liga Muslim Dunia yang berbasis di kota Mekkah.

Didirikan pada tahun 2000 di Jeddah, Arab Saudi, HQMI (Holy Quran Memorization International Organization) bertujuan untuk mengajarkan umat Islam bagaimana menghafal Al-Quran, dengan sempurna ketika menghafal tentu akan membuat Muslim memahami makna-maknanya.

Berikut aplikasi Al Quran mobile yang telah disetujui oleh The Holy Qur’an Memorization International Organization:

Almadina Al-Munawwarah Qur’an; Flash Quran: www.quranflash.com ; The Holy Qur’an application; The Holy Qur’an app endowment oleh Sheikh Saad Almousa dan Sheikh Abdulaziz Almousa ; Bayan Quran; Al Qur’an elektronik oleh King Saud University: www.quran.ksu.edu.sa/ (PM/Ram)