Awal 2016, 20.000 Pengungsi Telah Banjiri Negara-Negara Eropa

pengungsi Tel Abyad - 2Eramuslim – Tidak mengenal puncak musim dingin di kawasan Eropa dan Timur Tengah, sebanyak 20 ribu pengungsi dilaporkan telah membanjiri Yunani dan Italia sejak awal tahun 2016, dalam laporan terbaru yang dikeluarkan Organisasi Internasional untuk Migrasi.

Dalam laporannya, Organisasi Internasional untuk Migrasi mendapati bahwa perharinya ada lebih dari 1.700 hari orang yang menyebrang ke wilayah Yunani dan Italia, dimana sebanyak 3 ribu orang lebih dinyatakan tewas dalam perjalanan dari Libya menuju Italia sepanjang tahun 2015.

Menurut Organisasi Internasional untuk Migrasi yang berkantor pusat di Yunani mendapati bahwa pengungsi terbanyak di tahun 2015 berasal dari Suriah, Irak dan Afghanistan, dengan jumlah mencapai 770 ribu lebih orang dari 800 ribu pengungsi yang masuk ke Eropa.

Perlu diketahui bahwa Turki dan Komisi Uni Eropa pada akhir November 2015 telah menandatangani kesepakatan yang berisi kerjasam kedua pihak untuk menghentikan arus pengungsi yang melewati Laut Mediterania, dengan dana sebesar 3,3 miliar euro. (Sputnikarabic/Ram)