Bedakan Urusan Ibadah Dengan Politik, Raja Salman Kirim Pesawat Pribadi Jemput Calhaj Qatar

Eramuslim – Raja Salman bin Abdul Aziz Al-Saud memerintahkan pengiriman pesawat pribadi milik Saudia Arabian Airlines ke ibukota Doha untuk menjemput jamaah haji Qatar secara gratis, seperti dirilis Saudi Press Agency, Kamis, (17/8).

Selain dijemput secara gratis, Raja Salman juga memerintahkan seluruh jamaah haji Qatar yang datang dari Bandara Internasional King Fahd di Dammam dan juga Bandara Internasional Al-Ahsa diperlakukan sebagai tamu kerajaan yang merupakan bagian dari program tahunan Raja Salman Bin Abdul Aziz Al Saud untuk jamaah haji dan umrah.

Tidak berhenti sampai disana, Raja Salman juga memerintahkan untuk membuka perbatasan Salwa agar jamaah haji Qatar dapat masuk ke Arab Saudi melalui jalur darat untuk menunaikan ibadah haji 1438 Hijriyah, serta melaluinya tanpa izin elektronik.

Keputusan Kerajaan ini datang setelah terjadinya pertemuan antara Sheikh Abdullah bin Ali bin Abdullah bin Jassem Al Thani dari Qatar dengan Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Muhammad bin Salman di Istana As-Salam, Jeddah, Rabu malam, (16/8).

Dalam pertemuan tersebut, Sheikh Abdullah menegaskan bahwa hubungan persaudaraan antara Kerajaan Arab Saudi dan Qatar berakar dalam sejarah. Sheikh Abdullah meminta kepada Kerajaan Saudi untuk membuka perbatasan Salwa dan mengizinkan jamaah haji asal Qatar untuk melewati jalur darat.

Pangeran Muhammed Bin Salman mengucapkan terima kasih kepada Sheikh Abdullah karena telah menegaskan kembali kedekatan hubungan historis antara Qatar dan Arab Saudi, dengan warganya dan kepemimpinannya dan antara keluarga kerajaan Saudi dengan keluarga kerajaan di Qatar. (Alarabiya/Ram)