Belum Selesai Tragedi Masjid Finsbury Park, Masjid London Timur Diancam Serangan Teror

Eramuslim – Jamaah dan staf Masjid London Timur harus dievakuasi dari bangunan masjid setelah menerima ancaman teror via telepon pada hari Senin (19/6) siang waktu setempat. Ancaman ini terjadi tidak lama setelah targedi Masjid Finsbury Park yang menewaskan 1 orang dan melukai 9 lainnya.

Ancaman teror terhadap Masjid London Timur diumumkan melalui akun Twitter resmi milik masjid. “Masjid (London Timur) menerima ancaman via telepon beberapa waktu lalu. Jamaah dievakuasi, sementara bagunan disisir oleh petugas kepolisian bersama staf masjid,” tulis Masjid London Timur seperti dikutip Al Arabi.

Polisi Metropolitan mengonfirmasi bahwa mereka dipanggil ke Masjid London Timur pada Senin sore. Namun, kepolisian memastikan bahwa ancaman serangan tersebut hanya tipuan belaka.

Kendati demikian, pengelola Masjid London Timur meminta agar petugas kepolisian tetap berjaga dan waspada di sekitar area masjid. Hal ini untuk mengantisipasi kemungkinan ancaman serangan yang tak diinginkan.

Sebelumnya, seorang pengendara van menabrakkan mobilnya ke arah jamaah Masjid Finsbury Park yang tengah berjalan di trotoar setelah menunaikan shalat tarawih. Kejadian tersebut mengakibatkan satu orang tewas dan sembilan lainnya luka-luka.

Ketua Masjid Finsbury Park Mohammed Kozbar menilai insiden tersebut dapat dikategorikan sebagai serangan teror seperti yang terjadi Manchester Arena, London Bridge, dan Westminster. Ia pun mengutuk insiden penabrakkan jamaah Masjid Finsbury Park.

“Orang-orang ini, para ekstremis ini, tujuan mereka adalah untuk membelah komunitas kita, menyebarkan kebencian, ketakutan, dan perpecahan di antara komunitas kita,” ungkapnya. (Rol)