free hit counters
 

Benarkah China Jalankan Diplomasi Perangkap Utang Di Pasifik?

Redaksi – Senin, 20 Safar 1441 H / 21 Oktober 2019 15:30 WIB

Eramuslim.com -China tidak menjalankan “diplomasi perangkap utang” yang disengaja di kawasan Pasifik. Namun skala utang yang berkembang dari pinjaman China dan kelemahan kelembagaan di negara-negara Pasifik menimbulkan resiko yang jelas bagi negara-negara kecil yang diliputi oleh utang.

Begitu bunyi laporan terbaru dari Lowy Institute, “Ocean of Debt?”. Laporan tersebut juga mengungkapkan bahwa Belt and Road Initiative ala China telah mengungkap masalah risiko utang yang tidak berkelanjutan untuk negara-negara kurang berkembang, khususnya untuk negara dengan ekonomi kecil dan rapuh di Pasifik.

Tetapi penulis laporan tersebut, Roland Rajah, Alexandre Dayant dan Jonathan Pryke, berpendapat bahwa rencana infrastruktur global China bagi negara-negara kecil di Pasifik menghadirkan lebih banyak “gambaran yang bernuansa” daripada tuduhan “diplomasi perangkap utang” dan resiko kedaulatan.

Bukti menunjukkan bahwa China belum terlibat dalam praktik utang bermasalah di Pasifik untuk membenarkan tuduhan diplomasi perangkap utang, setidaknya sampai saat ini. Namun, skala pinjaman China dan kurangnya mekanisme kelembagaan yang kuat untuk melindungi keberlanjutan hutang negara-negara peminjam berarti kelanjutan bisnis seperti biasa akan menimbulkan resiko yang jelas,” ungkap laporan tersebut.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Berita Terbaru