Berapa “Harga” Medali Olimpiade?

Medali emas yang dimilikinya sebenarnya terbuat dari perak murni berlapis emas, dengan kandungan emas sekitar 6 gram dari total berat 556 gram.

Sedangkan medali perak yang dimilikinya terbuat dari perak murni dan beratnya sekitar 550 gram. Medali perunggu yang dimiliknya berbobot sekitar 450 gram dan sebenarnya terbuat dari 95 persen tembaga dan 5 persen seng.

Dengan menggunakan ukuran tersebut, CNN menaksirkan dengan hitungan kasar bahwa medali emas tersebut bernilai sekitar 800 dolar AS. Sedangkan medali perak akan bernilai sekitar 450 dolar AS. Medali perunggu bernilai sekitar 5 dolar AS.

Namun, sekali lagi, itu adalah taksiran dengan perhitungan kasar. Mengapa demikian? Karena pada kanyatannya, medali-medali itu memiliki nilai yang bisa jadi jauh lebih tinggi.

Sebagai contoh, pada awal bulan ini, medali dari pemenang dari Olimpiade Athena 1896 dijual seharga 180 ribu dolar AS di lelang. Kemudian medali emas penembak Kuba Leuris Pupo dari Olimpiade London 2012 terjual 73.200 dolar AS, dan medali emas lompat jauh rekan senegaranya Ivan Pedroso dari Sydney 2000 dijual seharga 71.335 dolar AS. Ketiga medali itu dijual oleh RR Auction yang berbasis di Boston.

Harga fantasitis untuk mendali yang pernah dibuat adalah 1,46 juta dolar AS yang dibayarkan untuk medali emas Jesse Owens dari Olimpiade Berlin 1936 di lelang pada 2013 lalu.

Medali ini dianggap sebagai salah satu yang paling penting dalam sejarah Olimpiade dan merupakan salah satu dari empat medali yang dimenangkan Owens, yang merupakan warga kulit hitam Amerika Serikat pada pertandingan tahun 1936. Pada saat itu, dia “merusak” pertunjukan superioritas “Arya” yang direncanakan oleh Adolf Hitler.

Menurut Richard Gladdle, dari rumah lelang Baldwin di London, para atlet Olimpiade cenderung mempertahankan medali yang telah mereka menangkan.

“Mereka sangat jarang datang untuk dijual,” kata Gladdle.

Bahkan ketika medali-medali itu dilelang, umumnya adalah untuk alasan filantropi.

Selain itu, medali Olimpiade juga menyimpan kehormataan serta kebanggaan tersendiri, baik bagi para atlet yang berhasil meraihnya, maupun bagi tanah airnya yang tentunya memiliki harga yang tidak ternilai dengan angka.(RMOL)