Berasal Dari Wuhan, China Malah Tuding Lab Militer di AS Jadi Biang Virus Corona

Eramuslim.com – WHO menyelidiki China sehubungan merebaknya pandemik virus Corona baru di seluruh dunia. Usai diobrak-abrik penyidik badan kesehatan PBB itu, pejabat China menuding balik bahwa laboratorium militer AS adalah penyebab pandemik. Baca juga: Tak Tergantung Negara Lain, Pemerintah Diminta Percepat Produksi Vaksin Corona

Adalah Zeng, pejabat CDC China, mengajukan hipotesis seperti itu. Bukan tentang laboratorium Wuhan, tetapi Fort Detrick, laboratorium penelitian biomedis Angkatan Darat AS di Maryland. Sayangnya tidak ada bukti yang mendukung teori ini.

“AS memiliki laboratorium biologi di seluruh dunia,” katanya kepada situs web berbasis di Shanghai, dikutip CNN.

Hal itu diutarakannya dalam sebuah wawancara yang menghubungkan Fort Detrick dan Institut Penelitian Penyakit Menular Medis Angkatan Darat AS (USAMRIID) yang berbasis di sana. Khususnya penelitian yang dilakukan oleh Unit 731 yang terkenal dari Tentara Kekaisaran Jepang selama Perang Dunia II.

“Mengapa AS memiliki begitu banyak laboratorium? Apa tujuan semua ini?” Kata Zeng. “Dalam banyak hal, AS menuntut pihak lain untuk terbuka dan transparan. Pada akhirnya, AS sendiri seringkali menjadi yang paling buram.”