Hilangkan Jejak Islam, India Ganti Nama Kota Bersejarah Allahabad

Eramuslim – Pemerintahan nasionalis Hindu di Uttar Pradesh India mengubah nama kota bersejarah yang kental Islam, Allahabad dengan nama baru, Prayagraj, yang kental dengan nuansa Hindu.

Allahabad terletak di negara bagian terpadat di India, Uttar Pradesh (UP), dengan 1 juta penduduk.  Menteri Kesehatan UP Siddarth Nath Singh menyebut proposal penggantian nama disampaikan dalam rapat kabinet oleh Menteri Kepala Uttar Pradesh Yogi Adityanath pada Selasa (16/10), tulis Aljazeera.

Menteri Kepala, panggilan resmi untuk Gubernur di India atau kepala pemerintahan suatu provinsi/negara bagian.

“Seluruh anggota gembira dan mulai hari ini Allahabad berganti nama menjadi Prayagaj,” papar Singh seperti dilansir dari Aljazeera, Rabu (17/10).

Allahabad merupakan kampung halaman Perdana Menteri pertama India Jawaharlal Nehru. Berlokasi 650 kilometer sebelah tenggara India, nama Allahabad diberikan oleh Kerajaan Islam Mughal yang berkuasa di wilayah itu pada abad 16.

Sementara nama baru Prayagaj terinspirasi dari nama pertemuan Sungai Gangga dan Yamuna, yang menjadi tempat festival besar umat Hindu India Kumbh Mela dilaksanakan setiap Januari.

Perubahan nama ini, dikecam kelompok oposisi. Juru bicara Partai Kongres Onkar Singh menyebut perubahan nama dianggapnya mengecilkan perjuangan warga Allahabad dalam mengusir penjajah Inggris.

“Kota itu adalah sumber inspirasi,” ucap Onkar Singh.