Kepala Badan Sensor Israel: Kami Akan Menyensor Apapun Yang Berguna Untuk Palestina!

Israel membanggakan diri sebagai satu-satunya negara demokrasi di Timur Tengah, namun Israel juga memiliki banyak praktik kontroversial, salah satunya menyensor laporan mengenai isu-isu intelijen militer. Dalam wawancara dengan SPIEGEL ONLINE, kepala badan sensor Israel, Sima Vaknin-Gil membela kelakuannya itu. Berikut petikan wawancaranya;

Israel mengklaim sebagai satu-satunya negara demokrasi di Timur Tengah. Pada saat yang sama, ada hal-hal yang tampaknya bertentangan dengan nilai-nilai demokrasi, seperti sensor militer negara Anda itu…

Ini adalah kesalahpahaman umum. Kami bukan sebuah unit militer. Jika Anda pergi ke kamar pemeriksaan kami, Anda akan melihat sebagian besar warga sipil. Kami tidak termasuk di semua Angkatan Pertahanan Israel (IDF). Sensor berbasis di IDF, tapi kami bekerja di bawah naungan Negara Israel.

Anda mengenakan seragam seorang kolonel di Angkatan Darat Israel, tetapi kepala stafnya bukan komandan Anda kan?

Kepala staf tidak menunjuk kepala badan sensor, dia tidak bisa melakukan sensor dan ia tidak mempengaruhi pekerjaannya. Ini kekuasaan menteri pertahanan. Keputusan sensor hanya subordinasi ke Pengadilan Tinggi.

Dalam kasus ini: Jika ragu, belalah si terdakwa. Apakah prinsip dalam pekerjaan Anda bahwa, jika ada keraguan, Anda mendukung keamanan negara dan bukan publikasi?

Pada tahun 1988, Pengadilan Tinggi meletakkan tes yang sangat kaku, dalam rangka menyensor publikasi. Jika ada keputusan yang menyinggung kemerdekaan pers dan keamanan negara, maka keamanan negaralah yang harus didahulukan atau berlaku. Tapi pendekatan kami sangat liberal. Di masa lalu, saya bertugas di intelijen – dan saya harap bahwa musuh-musuh kami akan menerbitkan beberapa hal yang kita setujui.

Bagaimana sebuah publikasi bisa membahayakan keamanan Israel?

Musuh kami adalah agen intelijen yang duduk di Damaskus dan meninjau media Israel dan Internet. Saya akan menyensor apa pun yang datang di meja saya yang berguna untuk musuh karena untuk tujuan pengumpulan informasi yang berharga. Walaupun hanya satu huruf, satu kata, atau satu baris. Sering kali, saya menyesal, namun kami bertujuan menjaga terhadap intervensi kami.

Berapa banyak item yang Anda terima dan berapa banyak yang Anda sensor?

Kami menerima ribuan per bulan. Membutuhkan waktu beberapa bulan jika satu item harus menjadi headline di surat kabar atau sebuah artikel yang kompleks mungkin membutuhkan beberapa bulan pula untuk diperiksa. Dari ribuan item, 80-85 persen dikembalikan tanpa disentuh. Dari artikel yang tersisa, antara 10-15 persen dikembalikan ke penerbit dan kami menyebutnya "diskualifikasi spesifik." Sering kali hanya satu kalimat yang kita larangan.

Apa yang bisa dilakukan oleh seorang wartawan jika ia berpikir Anda melarang informasi dalam sebuah artikel tanpa alasan?

Menurut nota kesepahaman yang ditandatangani oleh Menteri Pertahanan dan Komite editor media di Israel, langkah pertama yang bisa diambil adalah sebuah komite arbitrase, yang juga dikenal sebagai "Komite Tiga." Ini dipimpin oleh seorang wakil dari masyarakat – dalam banyak kasus seorang hakim. Di satu sisi, hakim memiliki media profesional, selalu dari bentuk yang berbeda dari media, di samping nya.

Sebagai contoh, jika arbitrase untuk melibatkan sebuah surat kabar, maka anggota komite haruslah berasal dari media radio. Dalam kebanyakan kasus, profesional media menikmati kebebasan berekspresi. Elemen ketiga dalam komite arbitrase adalah wakil dari salah satu lembaga keamanan – yang, menurut definisi, tidak perlu melihat hal-hal seperti yang saya lakukan. Tapi, tentu saja, saya memiliki waktu lebih mudah karena kami berdua mengenakan seragam militer.

Seberapa sering Anda dituntut ke arbitrase?

Dulu antara enam hingga delapan kali setahun. Namun, dalam 4,5 tahun terakhir, karena saya telah berada di posisi saya, hanya sekali saja dalam setahunnya setengah. Ini merupakan indikator bahwa kami mulai seimbang. Ada umumnya dua jenis kasus yang dapat menyebabkan arbitrase. Mungkin kami akan mendiskualifikasi item dan media biasanya tidak menyukai keputusan tersebut.

Atau kalau saya bilang tidak boleh mempublikasikan sesuatu dan Anda tetap akan melakukannya maka saya memutuskan memberi hukuman. Ancaman hukumannya sangat ringan: mungkin hanya teguran atau denda. Tapi efek jera yang terbaik adalah fakta bahwa media di Israel tidak suka dianggap melanggar sensor. (sa/speigel)