Morgan Spurlock: Seorang Wartawan Australia Mengatakan ‘Wow, Tuhan Pasti Seorang Vegetarian!’


Morgan Valentine Spurlock atau hanya dikenal sebagai Morgan Spurlock terkenal karena membuat sebuah film dokumenter
Super Size Me. Film itu bercerita tentang dirinya sendiri yang melakukan sebuah eksperimen selama sebulan mengonsumsi makanan cepat saji selama sebulan penuh tanpa henti. Hasilnya? Filmnya menuai banyak pujian dan penghargaan karena dianggap memberikan sesuatu kepada banyak orang untuk dipikirkan.

Lahir 7 November 1970, Spurlock juga menjadi 10 jurnalis terbaik di dunia versi majalah Time. Berikut ini adalah petikan wawancaranya sehubungan dengan film Super Size Me yang mengguncang dunia.

Seperti orang lain, Anda sendiri ternyata terkejut ya dengan hasil eksperimen Anda ketika mengonsumsi makanan dari McDonald…

Tentu. Saya membuat sebuah film yang diharapkan akan membuat orang berpikir tentang bagaimana mereka makan dan menjalani hidup mereka. Ini pekerjaan yang besar. Banyak orang tua yang kemudian mulai memeriksa makanan anak-anaknya. Bagi saya, itu hal yang paling menakutkan dalam film ini; apa yang anak-anak kita makan di sekolah-sekolah di Amerika.

Berapa lama Anda melakukan eksperimen gila itu?

Pada hari kedua puluh satu, saya sudah benar-benar sakit, dan merasa sengsara, dan saya terbangun di tengah malam dengan rasa nyeri yang hebat di dada dan tidak bisa bernapas. Saya benar-benar takut pada saat itu . Jika saja Anda menyuruh tiga dokter mengetes darah dan membandingkan hati Anda, dan melihat kadar kolesterol Anda—pada saat itu kadar asam urat saya sudah tinggi, dan saya sudah menderita hiper-uricaemia . Tiga orang dokter mengatakan Anda harus berhenti karena mereka tidak tahu apa yang akan terjadi pada Anda, itu bukan saran yang ingin saya dengar.

Berapa berat badan selama bulan tersebut?

Saya mulai dengan 25 pound, dan kemudian 14 bulan berikutnya saya harus melakukan diet. Saya tidak boleh makan apa-apa, titik, dan hanya air minum selama satu bulan.

Apa tanggapan karyawan McDonalds ketika mereka melihat Anda syuting di gerai mereka?

Sungguh menakjubkan, kami hanya berjalan masuk ke gerai mereka dan mulai syuting. Setelah kami meninggalkan New York, kemudian New York menjadi kota yang paranoid. Di New York, bila Anda berjalan dengan kamera, orang cenderung lebih panic, daripada di tempat lain. Setelah kami meninggalkan New York orang kota kebanyakan tidak peduli. Orang-orang ini menghasilkan lima dolar per jam, jika Anda menghasilkan uang sebanyak itu dalam satu jam, apa peduli mereka? Apakah Anda ingin kentang goreng atau tidak? Oke, cuti besar!

Ini hanya tentang McDonalds; Super Size Me tidak secara khusus tentang mereka itu kan?

Bagi saya ini tentang gaya hidup orang Amerika, budaya makanan cepat saji yang telah meresap dalam seluruh cara hidup kami di Amerika, dan sekarang sudah menjadi waralaba di seluruh dunia. Sekarang ini menjadi cara untuk makan, di mana kita tidak lagi memikirkan apa yang kita masukan ke mulut kita, dan tidak memikirkan kualitas kalori yang kita makan. Saya pikir, film ini adalah ajakan besar untuk bangun untuk Eropa.

Apa reaksi Anda terhadap ketika mendengar kematian CEO McDonalds Jim Cantalupo yang mendadak karena serangan jantung?

Itu luar biasa, ia berusia 60 tahun kan? Dia belum tua kan? Charlie Bell, CEO saat ini menderita kanker prostat, dan sekarang menderita kanker usus besar. Seseorang bertanya kepadanya apakah ada hubungan antara CEO yang menderita serangan jantung dan kanker prostat, yah, makanan itu yang dimakan oleh orang-orang ini secara konsisten. Ia mengatakan hal itu tidak ada hubungannya dengan makanan McDonalds, ini hanya takdir Tuhan. Saya ceritakan itu kepada seorang wartawan Australia dan dia berkata ‘Wow, Tuhan pasti seorang vegetarian!’

Memangnya apa yang ada dalam makanan itu?

Begitu banyak, seperti aspartam, misalnya. Mereka mencampurkannya di coke untuk diet, dan banyak soda lainnya sekarang. Itu kini telah terbukti dapat menyebabkan otak Anda tidak menyadari bahwa Anda mengonsumsi kalori, sehingga Anda akan terus makan dan Anda akan terus menimbun lemak.

Apa yang Anda makan pertama kali setelah eksperimen itu?

Saya pergi ke gerai mie Jepang yang ada di seberang jalan kantor saya. Mereka membuat mie Udon terbaik, dan aku mendapat semangkuk besar mie Udon Miso. Orang biasanya mengambil segenggam besar sayuran dan mencampurkannya di sana, dan saya berkata tambah lagi, dan kemudian lagi. Ada banyak sayuran menumpuk di sana. Anda bahkan tidak bisa melihat mienya, ada begitu banyak yang hijau di sana.

Apa yang dikatakan oleh saingan McDonalds?

Rasanya seperti, “Puihhhh, aku lega karena laki-laki itu tidak menyebut kita.” Satu-satunya alasan saya mengambil McDonalds adalah karena mereka yang terbesar, pemimpin industri ini dan mereka mempengaruhi bisnis ini seperti orang lain. Prediksi saya adalah yang lain juga melakukan hal yang sama. (sa/talktalk/wikipedia)