Thabet El Masri: Semua Bayi Di Gaza Cacat Sejak Lahir Karena Israel!

El-Masri tahu sekali medan yang dihadapi dan perjuangannya. Saat ini, rasanya sulit sekali membuktikan kejahatan Israel, terutama penggunaan bahan kimia. Maka tak heran jika penyelidikan terhadap Israel selalu menemui jalan buntu.

Berikut petikan wawancara dengan El Masri.

Pada bulan Juni, Anda mulai khawatir dengan peningkatan jumlah bayi yang lahir dengan cacat lahir. Kami akan sangat tertarik untuk memiliki penilaian medis Anda dan untuk mengetahui hasil studi Anda. Bisakah Anda memberitahu kami rasio kehamilan dan setelah melahirkan cacat lahir sepuluh bulan setelah serangan terhadap Gaza dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2008?

Ya, saya telah mengikuti fenomena bayi yang terus lahir dengan cacat. Saya telah menghitung jumlah bayi dengan cacat bawaan lahir di bulan Juli, Agustus, dan September, 2009. Saya membandingkan tiga bulan ini dengan bulan yang sama tahun 2008.

Berikut adalah angka-angka: Pada Juli 2009, yang ada di dalam Rumah Sakit Shifa 15 kasus seperti ini, dibandingkan dengan 10 di 2008; pada bulan Agustus 2009 ada 20 kasus, dibandingkan dengan 10 di 2008; dan pada September 2009, 15 seperti bayi yang lahir, dibandingkan dengan 11 pada tahun 2008. Rata-rata jumlah kelahiran di Rumah Sakit Shifa adalah sekitar 1100 per bulan.

Ketika laporan ini keluar ada banyak emosi dan perhatian. Terutama tentang fosfor putih yang digunakan oleh Israel. Apakah ada bukti?

Kami curiga, tapi kami tidak dapat memastikan, bahwa itu adalah penggunaan senjata kimia oleh Israel yang menyebabkan peningkatan bayi cacat lahir ini.

Apakah bayi dengan cacat lahir semua dari orang yang terkena tembakan Israel?

Bayi penderita cacat lahir datang dari seluruh Gaza. Namun, setengah dari perempuan yang melahirkan bayi dengan masalah datang dari kamp pengungsi Jabaliya.

Apa yang dapat Anda lakukan untuk meyakinkan wanita hamil di Gaza yang sekarang sangat khawatir?

Sebenarnya tidak ada. Tidak ada yang bisa kita lakukan untuk menjamin bahwa bayi mereka akan menjadi normal. Bagaimana kita bisa mencegah adanya bahan kimia yang dapat menyebabkan cacat lahir?

Apakah ada embryologists di Gaza yang mampu membuat tes genetik?

Sayangnya kami tidak bisa melakukan tes genetika untuk melihat apakah cacat lahir disebabkan oleh faktor-faktor genetik saja dan tidak karena bahan kimia. Pada akhirnya, itu adalah masalah genetika, tapi bahan-bahan kimia juga bisa berpengaruh.

Bagaimana dengan peneliti internasional yang mengambil sampel pada tahun 2006 untuk diuji di laboratorium Eropa? Apakah sudah ada hasil?

Bagaimana kita dapat memecahkan masalah ini? Jika faktor-faktor kimia berperan, sangat sulit untuk dibuktikan. Bagaimana Anda bisa membuktikan bahwa bahan-bahan kimia itu? Bagaimana kita bisa yakin bahwa Israel menggunakan zat dilarang?

Kami memahami bahwa, sebagai dokter, Anda sangat prihatin dan bahwa, dalam situasi putus asa sekarang, Anda sangat membutuhkan dukungan internasional?

Ya. Saya ingin menyarankan sesuatu yang akan membantu kita, tanpa menguras keuangan kita yang terbatas sumber daya dalam penelitian genetik, yang membutuhkan sejumlah besar uang. Secara sederhana, itu akan sangat membantu untuk meyakinkan Israel untuk tidak mengulangi perang kimia di musim dingin lagi.

Apa jenis patologi yang Anda amati dalam musim panas ini bayi yang baru lahir? Dapatkah Anda memberi kami beberapa contoh dari cacat lahir?

Kita akan menemukan masalah bayi dari sistem saraf pusat, hidrosefalus, anencephaly dan cacat lainnya seperti penyakit jantung bawaan dan penghalang dari saluran pencernaan. Masalah ginjal sangat sering. Malformasi terlihat jarang: biasanya masalah-masalah internal.

Sekarang Anda melihat masalah apa yang harus kami hadapi. Para ibu yang tak berdaya; kita tidak memiliki jawaban untuk mereka. Mereka tahu bahwa kita semua sendirian dalam situasi ini. Mereka hanya bisa berdoa. Itulah satu-satunya hal yang tersisa untuk mereka.

Anda belum memiliki kontak di luar?

Kami sama sekali tidak ada kontak luar. Saya telah memberikan gambaran utama. Seperti yang saya katakan, ada kemungkinan bahan-bahan kimia yang mungkin menjadi salah satu penyebab tren di cacat lahir karena mereka telah meningkat sejak serangan pada bulan Desember dan Januari. Namun, kesimpulan ini tidak mungkin untuk dibuktikan. (sa/uruknet)