Bisa Menyebar Cepat WHO Peringatkan Virus Wuhan, Apa Sih Bahayanya?

Eramuslim.com – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) baru-baru ini memperingatkan bahwa virus Wuhan, atau sekarang diidentifikasi sebagai coronavirus, bisa menyebar di seluruh dunia. Coronavirus adalah keluarga besar virus yang dapat menyebabkan infeksi mulai dari flu biasa hingga SARS.

Biasanya virus ini menyebabkan gejala pilek, menginfeksi hidung, sinus atau tenggorokan bagian atas, dan menyebar melalui bersin, batuk atau kontak langsung. Virus ini pertama kali ditemukan di China dengan 41 kasus pneumonia.

Dikutip laman World of Buzz, dari tes laboratorium hal itu menunjukkan bisa menjadi tipe baru coronavirus. Salah satu pasien telah meninggal karena virus ini.

Selain itu juga dilaporkan bahwa seorang wanita Tionghoa di Thailand dikarantina di sebuah rumah sakit pada 8 Januari 2020, ini merupakan pertama kali virus itu terdeteksi di luar Tiongkok. Wanita berusia 61 tahun itu kini mulai pulih dari sakit, sementara pejabat dari China dan Thailand berusaha menentukan sumber infeksi.

Sekarang, seorang pria dari Jepang telah dites positif terkena virus corona baru, yang menandai kasus pertama di negara itu. Sebelumnya pria itu telah melakukan perjalanan ke Wuhan, China tengah, di mana wabah virus dimulai, dan kembali ke Tokyo, Jepang pada 6 Januari.