Canangkan “Jakarta Halal Tourism”, SandiUno Ajak Hotel Konvensional Ubah Jadi Syariah

Eramuslim – Pasangan Gubernur dan Wagub yang baru dilantik kembali menunjukan kualitasnya. Kali ini Wakil Gubernur Sandiaga Uno menggaet Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) untuk membantu Pemprov DKI Jakarta untuk meningkatkan perekonomian di Jakarta, salah satunya dengan konsep Halal Tourism.

Yang menarik perhatian Sandi adalah program MES yang ingin mendorong hotel konvensional untuk berkonversi menjadi hotel syariah.

“MES juga ingin dorong timbulnya kegiatan ekonomi khususnya yang di UKM untuk mendorong hadirnya semangat baru untuk mengkonversi hotel-hotel yang sekarang beroperasi secara konvensional, untuk melirik bagaimana kaidah-kaidah perhotelan syariah,” tutur Sandi, di Balai KotaJakarta Pusat, Kamis (2/11).

Sandi menyebut, konsep hotel syariah kini sangat berkembang di kota-kota di negara lain seperti Tokyo dan Seoul. Dia menginginkan Jakarta untuk tidak ketinggalan dengan kota-kota tersebut, yang notabenya bukan negara berpenduduk Muslim.

“Di Bangkok sudah mulai banyak, di KL (Kuala Lumpur) sudah duluan dan sekarang sudah mulai tumbuh di Seoul dan Tokyo. Jadi kita justru ingin memastikan Jakarta enggak ketinggalan,” lanjutnya.

Di lokasi yang sama, Ketua MES Reza Artha menjelaskan hotel syariah memiliki konsep yang berbeda dengan hotel konvensional. Dalam operasionalnya, hotel syariah mengedepankan aturan-aturan yang sesuai dengan syariah.

“Bedanya ada pada operasional dan manajemennya. Artinya hotel syariah adalah dalam operasionalnya mengetengahkan pola-pola atau aturan-aturan yang sesuai dengan syariah,” ujar Reza menjelaskan. (Kmp/Ram)