free hit counters
 

Cara Mengetahui Kualitas Iman

Redaksi – Sabtu, 29 Safar 1439 H / 18 November 2017 16:00 WIB

Eramuslim.com – Iman bukan hanya keyakinan. Tapi harus diucapkan dan dibuktikan. Kepercayaan tanpa bukti adalah munafiq. Amal tanpa percaya kepada Allah Ta’ala tidaklah bermakna untuk kehidupan akhirat. Guna mengetahui kualitas iman masing-masing kita, coba periksa empat hal ini. Jika semuanya baik, semoga kita termasuk orang-orang yang beruntung.

Wajah

Tanda orang yang benar dan berkualitas imannya ialah wajhun thaliq. Wajah yang bersih dan murah senyum kepada sesama. Bersih karena senantiasa basah dengan air wudhu. Bersih karena sering digunakan untuk bersujud dan menghadap kepada Allah Ta’ala dalam berbagai aktivitas ibadah.

Senyumnya juga murah, merekah, dan menyejukkan karena bukti dari iman yang ada di dalam hatinya. Senyum inilah yang bernilai sedekah lantaran berhasil menjadi pengantar bahagia dan iman bagi sesamanya.

Lisan

Bukan hanya cerah wajah dan murah senyum, orang beriman juga memiliki karakter lisanun layinun. Perkataannya jujur, santun, dan rendah hati. Intonasinya cukup, tidak berlebihan. Isi perkataannya kebaikan, menyejukkan bagi siapa pun yang mendengarkannya. Tidak suka menyakiti orang. Tidak pula tinggi hati hingga kalamnya merendahkan sesama.

Mereka banyak menyaring kalimat yang hendak dilontarkan karena memahami betapa hisab terhadap lisan amatlah berat. Tidak asal bicara. Lebih banyak diam seraya berdzikir kepada Allah Ta’ala.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

loading...

Berita Terbaru

blog comments powered by Disqus