CIA Bersiap Latih Pasukan Milisi Suriah Yang Pro Amerika

tentara suriah-amerikaMenurut sumber yang didapat oleh koresponden Sky News Arabia, lembaga mata-mata Amerika serikat, CIA, tengah bersiap dalam program rahasia untuk meningkatkan pelatihan tempur bagi Pasukan Pejuang Suriah yang berafiliasi kepada Amerika.

Pelatihan tempur ini bertujuan untuk meningkatkan skill pasukan boneka AS, agar tidak kalah bersaing dengan faksi-faksi pejuang Suriah dari kalangan Islamis.

Seperti dikutip dari surat kabar Washington Post dari sumber-sumber keamanan AS, “CIA telah mengirimkan tim militer ke Jordan pada minggu-minggu terakhir untuk melatih dan menambah jumlah pasukan Pejuang Suriah, dan menyerahkan bantuan senjata kepada mereka sebelum mereka kembali ke medan pertempuran di Suriah.”

Seperti dikutip  Washington Post dari sumber tersebut bahwa “program tersebut ditujukan untuk melatih ratusan pejuang setiap bulannya, dan memperkuat persenjataan mereka. Mereka akan dilatih sampai tingkat Tentara Suriah tidak dapat mengalahkan mereka, dan mencegah Pejuang Suriah dari faksi Oposisi menguasai Suriah seperti di Irak dan Syam.”

Menurut pejabat tersebut “ saat ini CIA sedang melatih sekitar seribu orang pasukan, jumlah ini jauh lebih kecil dari pelatihan yang dilakukan Iran dan Hizbullah. Kami memperkirakan sekitar 20 ribu orang tentara Suriah kini sedang dilatih oleh Iran dan Hizbullah.”

Menurut sumber pasukan Pejuang Suriah, pihaknya kini telah menguasai penuh 2 kota penting di pinggiran provinsi Dar’a. (skynewsarabia/Zhd)