CIA dan 70 Tahun Dosa Kejahatan Terorganisir (Tamat)

Setiap organisasi atau operasi bergaya Phoenix bergantung pada ambigu dan penyangkalan, demikian juga kerahasian negara dan sensor-diri media. Kebutuhan menyeluruh CIA untuk mengendalikan informasi secara penuh memerlukan keterlibatan media. Inilah salah satu pelajaran kekalahan terbesar di Vietnam yang diajarkan para pemimpin kami (orang Amerika). Pemimpin yang sangat terindoktrinasi dan dihargai dengan baik yang menjalankan pemerintahan dan media tidak akan pernah lagi membuat publik melihat pembantaian yang mereka lakukan pada penduduk sipil di luar negeri.

Rakyat Amerika tidak akan pernah melihat anak-anak termutilasi Iraq, Afghanistan, Libya dan Suriah yang terbunuh oleh pasukan tentara bayaran AS yang juga perampok dan bom-bom cluster.

Di sisi lain, pemalsuan gambaran dari penculikan, penyiksaan dan pembunuhan CIA dipuja-puja di TV dan dalam film. Menceritakan cerita yang tepat merupakan kuncinya. Berkat keterlibatan media, Phoenix telah menjadi klise untuk menyediakan keamanan internal politik bagi pemimpin-pemimpin Amerika.

LS: Apakah CIA merupakan musuh rakyat Amerika?

DV: Iya. Itu merupakan alat elit politik kaya, melakukan pekerjaan kotor mereka.